Bali memang tak pernah habis memancarkan pesona wisatanya, tak terkecuali saat Nyepi. Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan oleh sebagian besar penduduk Bali dengan cara menetapkan empat pantangan atau larangan yang harus dipatuhi, seperti tidak bekerja, tidak bepergian, tidak menyalakan api, dan tidak bersenang-senang. Jika Anda ingin melihat Bali dengan sedikit berbeda, berlibur saat Nyepi di Bali adalah hal yang tepat. Tentunya dengan memperhatikan hal-hal berikut.

Hindari penerbangan H-1 Nyepi

Pada saat hari raya Nyepi, semua tempat di Bali termasuk bandara akan ditutup. Lebih baik tiba 2 hari atau beberapa hari sebelum Nyepi. Jika Anda terpaksa tiba pada H-1, usahakan mengambil penerbangan pagi karena sore harinya akan ada pawai Ogoh-ogoh yang memadati jalanan. Sebaiknya Anda memesan tiket dari sekarang, untuk harga tiket dapat dicek di sini.

Sedia perbekalan serta uang saku

Sebaiknya menyiapkan makanan atau minuman, obat-obatan, serta uang saku karena selama Nyepi tidak ada toko yang buka. Begitu pun dengan mesin ATM, semuanya mulai dimatikan pada pukul 18.00 WITA sehari sebelum perayaan Nyepi.

Cari fasilitas hotel yang lengkap

Carilah hotel yang menyediakan fasilitas lengkap, seperti memiliki tv kabel, dvd dalam kamar, atau kolam renang. Hal ini dikarenakan saat Nyepi tidak ada orang yang diperbolehkan berjalan-jalan keluar hotel atau tempat tinggal. Anda juga dapat menanyakan kepada pihak hotel mengenai makan siang dan makan malam di restoran hotel.

Jangan membuat kegaduhan dan kurangi cahaya lampu

Usahakan untuk menjaga ketenangan dan tidak membuat kegaduhan meskipun di dalam kamar. Saat malam hari, Anda diperbolehkan menyalakan lampu kamar hotel yang Anda tempati. Namun, sebaiknya dibuat agar penerangan dalam kamar tidak terlalu terang. Gorden kamar pun harus tertutup rapat sehingga tidak ada sinar lampu yang tampak ke luar.

Menikmati kesyahduan Bali di malam hari

Cobalah untuk keluar dari kamar penginapan setelah berdiam di dalam seharian penuh untuk menikmati pemandangan sekitar hotel. Bali yang biasanya terang dan ramai dengan cahaya gemerlap lampu dapat Anda saksikan gelap gulita hanya disinari cahaya bulan dengan suasana sunyi dan tenang.

Published on: March 2, 2016

Views: 2808

Tags: , , , ,