Please Enable your Javascript.

For Bookings & Enquiries
| +6221 2556 5151
For Web & Technical Assistant
+6221 2556 5199

Check In
2 Jam Sebelum Keberangkatan
Bagasi
Maksimal 20 Kg
Bagasi Kabin
Maksimal 7 Kg

TENTANG CITILINK

Citilink adalah anak perusahaan dari Garuda Indonesia yang merupakan perusahaan milik pemerintah. Citilink merupakan sebuah maskapai penerbangan Low Cost Carrier (LCC) yang artinya penerbangan berbiaya murah. Didirikan pada tahun 2001, awalnya maskapai ini merupakan strategi tujuan bisnis dari garuda Indonesia di bidang Low Cost Carrier. Pada 16 Juli 2001, Citilink memulai penerbangan dengan rute Surabaya (SUB)-Balikpapan (BPN)-Tarakan (TRK) menggunakan armada Fokker. Pada perkembangannya, Citilink menambah armada Boeing 737-300 dan mulai menghentikan penggunaan Fokker F28 sejak tahun 2005.

Sejak awal berdiri hingga tahun 2012, Citilink memakai kode pernerbangan yang tidak berbeda dari Garuda Indonesia, yaitu GA/GIA. Hingga pada tanggal 5 Juli 2012, Citilink meresmikan penerimaan sertifikat Air Operation Certificate (AOC) dari Kementrian Perhubungan Republik Indonesia sebagai tanda bahwa maskapai ini resmi beroperasi di Indonesia. Sertifikat ini juga menandai era baru perubahan manajemen Citilink yang sebelumnya berada di bawah manajemen PT. Garuda Indonesia Tbk. Mulai saat itulah, Citilink beroperasi dengan kode QG/CTV.

Saat ini , Citilink memiliki 70 rute domestik dan 16 rute regional. Hingga pertengahan tahun depan, Citilink belum akan menambahkan lagi rute regional. Bandara penghubung utama maskapai ini adalah Bandar Udara Internasional Juanda di Surabaya.

 

ARMADA PESAWAT CITILINK

Saat ini tercatat bahwa Citilink mengoperasikan 29 pesawat, yaitu 22 buah pesawat Airbus A320 dengan kapasitas 180 kursi, 6 buah pesawat Boeing 737-300 dengan kapasitas  pesawat 148 kursi, serta 1 buah pesawat Boeing 737-400 dengan kapasitas 170 kursi.

Citilink menyediakan 2 tipe kelas di armadanya, yaitu kelas bisnis dan kelas ekonomi. Untuk kelas bisnis, Citilink memiliki standar kabin Garuda Indonesia dengan full entertainment seperti TV, musik dan tempat duduk yang nyaman. Sedangkan kelas ekonomi standar Citilink cukup nyaman, tersedia makanan murah dan minuman atau souvenir yang dapat dipesan.

Setiap harinya Citilink melayani 140 frekuensi penerbangan dari Jakarta dan Surabaya ke Ambon, Batam, Banjarmasin, Bandung, Denpasar, Balikpapan, Solo, Yogyakarta, Medan, Palembang, Padang, Ujung Pandang, Pekanbaru, Lombok, Bengkulu, Jambi, Semarang, Pangkal Pinang, dan Tanjung Pandan.

 

FASILITAS CITILINK

Setiap penumpang Citilink akan mendapatkan layanan dan fasilitas layaknya maskapai LCC lainnya; yaitu fasilitas bagasi 20kg, bagasi kabin 7kg, penjualan makanan utama, makanan ringan, dan minuman yang cukup bervariasi, serta keamanan dengan armada baru Airbus A320. Mulai November 2012, Citilink juga meluncurkan sebuah asuransi penerbangan komprehensif yang bernama Citilink Shield yang dapat dibeli oleh penumpang sebelum penerbangan.

 

KETENTUAN BAGASI

Penumpang akan mendapatkan bagasi cuma-cuma seberat 20 kg yang merupakan bagasi check in maksimal dan 7kg bagasi kabin. Maksimum ukuran untuk bagasi jinjing adalah 56x36x23 cm. Jika penumpang bepergian bersama balita dan telah memesan kursi untuk balita, penumpang berhak membawa makanan bayi dan kereta bayi yang dapat dilipat dengan ukuran maksimum 56x36x23 cm dan berat maksimum 5 kg. Benda-benda berukuran besar seperti peralatan olahraga bisa dimasukkan ke bagasi yang sudah termasuk tarif jika ruang yang tersedia memungkinkan. Panjangnya barang-barang tersebut adalah 1.9 meter untuk Aircraft 737 (Jakarta, Denpasar, dan Ujung Pandang) dan 2.77 meter untuk Aircraft 737 (Medan, Balikpapan).

Jika anda memiliki beberapa penerbangan, panjang maksimum adalah batasan panjang yang terpendek. Selain itu, Citilink memperbolehkan penumpang untuk membawa jaket atau selimut, kamera atau teropong kecil, dan juga tas jinjing. Jika penumpang membutuhkan bagasi tambahan, penumpang dapat menambah bagasi seberat 15-40 kg dengan biaya dari Rp 150.000 sampai dengan Rp 400.000.

 

PEMILIHAN KURSI

Penumpang dapat memilih tempat duduk yang diinginkan pada waktu memesan tiket. Harga yang ditawarkan di setiap baris berbeda. Baris ke-1 yang termahal, baris ke-2 yang lebih murah, dan seterusnya hingga baris di belakang yang diberikan secara gratis.

 

PROSES CHECK-IN

Penumpang sebaiknya tiba 2 jam sebelum jadwal keberangkatan dan langsung menuju ke counter check-in untuk meletakkan bagasi dan memperoleh kartu boarding. Counter untuk meletakkan bagasi akan tutup tepat 30 menit sebelum keberangkatan dan penumpang diharuskan tiba di gerbang keberangkatan 25 menit sebelum jadwal keberangkatan.

 

PERATURAN PENERBANGAN

Citilink memberikan potongan harga khusus kepada anak-anak (kategori umur 2-12 tahun) yang ikut dalam penerbangan. Citilink tidak memperbolehkan anak-anak terbang tanpa orang dewasa. Bayi juga akan dikenakan tarif khusus untuk tiket domestik, yaitu sekitar Rp 50.000 hingga Rp 200.000 tergantung rute penerbangan. Batas maksimal adalah 1 bayi untuk setiap 1 orang dewasa.

 

PERATURAN TIKET CITILINK

  1. Perubahan Jadwal Penerbangan: Setelah nomor pembelian dikeluarkan, perubahan penerbangan adalah hal yang diatur sebagai berikut: Dalam waktu 24 jam sebelum jadwal waktu pemberangkatan pesawat, perubahan tidak diijinkan. Denda perubahan penerbangan di luar dari dua puluh empat 24 jam sebelum jadwal waktu pemberangkatan pesawat memiliki tarif yang berbeda-beda dan harus memenuhi persyaratan-persyaratan di bawah ini:
    1. Jika tersedia harga yang lebih rendah, perbedaan harga tidak akan dikembalikan pada penumpang;
    2. Jika harga penerbangan baru yang dibeli lebih tinggi daripada harga penerbangan yang dibatalkan, perbedaan harga harus dibayarkan oleh penumpang tersebut sebelum pembatalan atau perubahan dapat dilakukan;
    3. Perubahan tidak dikonfirmasi sampai pihak Citilink mengeluarkan jadwal perjalanan dan/atau nomor pembelian yang baru untuk anda.
    4. Perubahan rute penerbangan tidak diijinkan.
  1. Perubahan Nama: Citilink mengijinkan perubahan nama penumpang dengan dikenai biaya tertentu per penumpang per penerbangan.
  1. Pembatalan, Perubahan Jadwal: Tiket yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan, dipindah jadwalkan, maupun dipindah kepemilikan. Kapan pun setelah pemesanan dilakukan, pihak Citilink boleh mengubah jadwal dan atau membatalkan, mengakhiri, mengalihkan, menunda penjadwalan kembali penerbangan manapun yang dianggap masuk akal untuk dibenarkan oleh situasi-situasi di luar kendali Citilink atau demi alasan keamanan maupun komersial. Dalam hal pembatalan penerbangan tersebut, berdasarkan pilihannya, Citilink dapat melakukan:
    1. mengangkut Anda di kesempatan paling awal pada pelayanan terjadwal lainnya apabila tempat duduk tersedia tanpa biaya tambahan dan, bilamana diperlukan, memperpanjang validitas pemesanan Anda, atau
    2. apabila Anda memilih untuk bepergian di lain waktu, Citilink akan memproses untuk memulangkan tambang penerbangan yang telah anda bayar.
  1. Terlewat Batas Check-In: Jika Anda tidak dapat check-in tepat pada waktunya atau gagal naik pesawat saat pesawat berangkat, biaya yang sudah Anda bayarkan tidak akan dikembalikan kepada Anda untuk alasan apapun.
  1. Pembayaran: Biaya harus dibayar penuh saat melakukan pembelian. Jika terjadi biaya yang belum dibayar penuh untuk alasan apapun, Citilink berhak membatalkan pembelian sebelum check in dan atau tidak mengijinkan Anda naik ke pesawat.
  1. Konfirmasi Pembelian: Pembelian kursi dikonfirmasikan setelah seluruh biaya dibayarkan penuh dan setelah Citilink mengeluarkan nomor pembelian dan/atau jadwal perjalanan. Setelah konfirmasi selesai, pembelian tidak dapat dibatalkan dan uang pembayaran tidak dapat dikembalikan.

 

KOTA TUJUAN CITILINK

Internasional

Bangkok

Phuket

Jeddah

Johor Bahru

Kuala Lumpur

Penang

Singapore

 

Sumatera

Bengkulu

Batam

Medan

Padang

Pangkal Pinang

Pekanbaru

Palembang

Tanjung Pandan

 

Jawa

Bandung

Jakarta

Jakarta

Jogja

Malang

Semarang

Surabaya

 

Kalimantan

Banjarmasin

Balikpapan

 

Sulawesi

Manado

Makassar

 

Jambi

Jambi

 

Bali & Nusa Tenggara

Bali

Kupang

Lombok

KAMI MENERIMA PEMBAYARAN DARI