Pernahkan kalian mengalami rasa takut ketika akan naik pesawat? Takut terbang adalah ketakutan yang paling umum, hampir semua orang mengalami ketakutan pada pengalaman terbang pertama kalinya, bahkan ada juga yang mengalaminya setiap kali akan naik pesawat. Tapi ada pula bisa terjadi dikarenakan pernah mengalami kecelakaan ketika menggunakan pesawat terbang atau trauma. Nah ini dia tips untuk mengatasi ketakutan disaat naik pesawat:

1. Belajar Untuk Tenang dan Bernapas Teratur.

Ketika dihadapkan dengan kecemasan atau ketakutan, tubuh harus tetap tenang dari keadaan kewaspadaan yang konstan. Salah satunya latihan ialah menghirup napas selama empat detik dengan menggunakan teknik pernapasan dalam perut, dan mengeluarkan selama enam detik. Cara ini dapat dilakukan selama enak kali per menit.

2. Abaikan Berita Buruk

Mendengar atau membaca berita buruk tentang penerbangan jadi faktor utama mengapa orang takut naik pesawat. Kalau kalian adalah orang yang mudah panik, sebaiknya abaikan kabar-kabar tak sedap seperti ini sebelum travelling menggunakan pesawat.

3. Menenangkan Diri Ketika Terjadi Goncangan

Kalian harus mengelola kecemasan dengan meyakinkan diri bahwa pesawat sudah didesain sedemikian rupa sehingga mampu bertahan saat turbulensi. Jika selama ini semua baik-baik saja, maka kalian juga bisa melewatinya dengan baik. Anggap saja turbulensi sebagai goncangan yang kalian alami saat berkendara di dalam mobil yang melewati jalanan yang tidak rata. Kalian bisa fokus pada hal lain, dibandingkan pada turbulensi.

4. Pikirkan Hal-hal Yang Menyenangkan

Jangan terlalu fokus pada hal-hal mengerikan yang akan terjadi saat penerbangan. Pikirkanlah hal-hal yang menyenangkan yang akan kalian nikmati saat tiba di tempat tujuan nanti. Dengan begitu kalian akan lebih merasa relaks saat naik pesawat.

5. Berdoa dan Berserah Diri Kepada Tuhan

Ini hal yang paling penting, jangan lupa berdoa kepada tuhan dan keyakinan masing-masing untuk diberikan keselamatan.

Takut naik pesawat merupakan salah satu jenis phobia yang cukup umum terjadi. Namun jangan sampai ketakutan yang kalian alami menghalangi kalian untuk bekerja, bepergian, jalan-jalan, atau bersenang-senang ke tempat lain. Dengan melakukan berbagai cara menghilangkan rasa takut naik pesawat di atas, dan mencari informasi sebaik mungkin mengenai penerbangan, semoga aviophobia yang dirasakan bisa berkurang atau bahkan hilang.

Published on: November 20, 2018

Views: 9471