Kota Makassar tidak hanya terkenal memiliki panorama alam yang menakjubkan, namun juga terkenal memiliki beragam kuliner khas yang lezat. Jika berkesempatan ke sana, tak lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner khas tersebut, berikut makanan khas Makassar yang harus dicoba.

1.Coto Makassar

Kalau makanan yang satu ini sudah sangat populer. Coto Makassar terbuat dari daging sapi rebus dan jeroan yang dimasak dengan rempah-rempah, seperti bawang putih, bawang merah, garam, ketumbar, kemiri, jintan, serta merica. Corto Makassar biasa disantap dalam keadaan hangat bersama dengan ketupat atau buras.

2.Sop Konro

Sop Konro adalah masakan tradisional khas Bugis dan Makassar berupa sop atau sup dengan berbahan dasar iga atau daging sapi. Sop konro memiliki kuah berwarna hitam yang berasal dari kluwak dan bercita rasa yang khas. Masakan ini biasanya disajikan dengan ketupat yang dipotong kecil-kecil.

3.Kapurung

Kapurung terbuat dari sari atau tepung sagu yang dimasak dengan campuran ikan atau daging ayam serta aneka sayuran. Bumbu yang dipakai merupakan campuran cabe rawit dan air perasan jeruk nipis sehingga menciptakan rasa yang segar.

4.Nasu Palekko

Nasu palekko, hidangan yang satu ini memiliki rasa yang sangat pedas dan gurih, sangat cocok bagi Anda pecinta makanan pedas. Nasu palekko terbuat dari daging itik yang biasanya berisi potongan leher, daging, dan jeroan.

5.Sop Saudara

Sop saudara adalah masakan khas Makassar berupa sop yang berkuah dan berbahan dasar daging sapi. Sop saudara biasanya disajikan dengan bihun, perkedel kentang, paru sapi, dan telur rebus. Tak jarang pula sop ini dikonsumsi bersama dengan nasi putih dan ikan bandeng.

Published on: July 7, 2016

Views: 2168

Tags: , , ,