Tidak hanya memiliki pantai yang indah, Lombok ternyata juga memiliki kuliner khas yang siap memanjakan lidah bagi Anda wisatawan yang datang berkunjung. Jika berlibur ke Lombok, sempatkanlah mencicipi kuliner-kuliner khas berikut ini.

Plecing Kangkung

plecing kangkung

Plecing kangkung merupakan makanan khas Lombok yang berbahan dasar kangkung khas Lombok. Kangkung Lombok memiliki tekstur lebih besar namun lembut dan rasanya berbeda dengan kangkung biasa. Plecing kangkung ini terdiri dari kangkung yang telah direbus kemudian disajikan dengan sambal tomat yang sebelumnya telah dicampur dengan aneka bumbu seperti cabai rawit, garam, terasi dan bumbu lainnya.

Ayam Taliwang

ayam-taliwang2-tokomesin

Ayam Taliwang adalah salah satu makanan khas Lombok yang paling populer. Bahan utama ayam taliwang biasanya menggunakan ayam kampung yang masih muda dan dimasak dengan beberapa pilihan yakni digoreng, dipanggang atau dibakar. Kelezatan ayam taliwang juga terletak di bumbunya yang super pedas. Pecinta kuliner pedas wajib mencicipi hidangan ini.

Sate Rembiga

Sate Rembiga adalah sate yang berbahan utama sapi yang sangat lezat. Rasanya perpaduan antara gurih, manis dan pedas. Teksturnya pun terasa sangat lembut dan empuk. Sate ini bernama Rembiga karena berasal dari desa Rembiga yang berada di dekat bekas bandara Selaparang. Saat berlibur ke Lombok, Anda wajib mencicipi kuliner yang satu ini.

Bebalung

bebalung

Bebalung adalah makanan yang berbahan baku tulang iga sapi atau kerbau yang telah dimasak dengan campuran bumbu seperti cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe dan kunyit. Bebalung bisanya disajikan ke dalam mangkok dengan taburan bawang merah goreng. Masyarakat Suku Sasak percaya mengkonsumsi bebalung dapat memberikan tenaga dan vitalitas.

Ares

Ares adalah sayuran khas Lombok yang bahan utamanya berasal dari pelepah pisang yang masih muda. Rasanya cukup unik, manis dan juga gurih. Awalnya sayur ini disajikan pada acara pernikahan adat Suku Sasak, namun saat ini Anda dapat dengan mudah menemukannya di warung makan di Lombok.

Published on: January 20, 2017

Views: 2065

Tags: , , ,