Musim semi merupakan saat yang terbaik untuk mengunjungi Jepang. Terdapat bermacam-macam festival menarik diselenggarakan di Negeri Matahari Terbit ini, mulai dari festival kebudayaan Jepang hingga festival dengan bunga-bunga cantik bermekaran. Berikut adalah festival musim semi terpopuler di Jepang.

Omizutori

omizutori_20151222

Omizutori atau Festival Mengambil Air merupakan salah satu festival tertua di Jepang. Festival ini berlangsung dari 1 Maret hingga 14 Maret di Kuil Todaiji, Nara. Saat festival ini digelar, obor raksasa akan dibawa sampai ke balkon Nigatsudo dan dinyalakan di atas kerumunan. Setiap harinya ukuran obor dan durasi Otoimatsu bervariasi hingga ada yang mencapai 8 meter.

Nagahama Hikiyama Festival

nagahama-hikiyama-matsuri

Nagahama Hikiyama Festival adalah sebuah festival di Jepang telah berlangsung sejak periode Azuchi-Momoyama (1568-1600). Festival ini juga dikenal sebagai salah satu festival dengan kendaraan arak-arakan terbanyak di Jepang, bahkan ada beberapa kendaraan yang berasal dari periode Edo. Salah satu yang menjadi daya tarik utama di festival ini adalah kabuki yang dipentaskan oleh anak-anak.

Shonan Enoshima Spring Festival

enoshima-Shonan-Spring-Festival

Sebuah pulau di Pantai Kamakura, yaitu Pulau Enoshima menyambut musim semi dengan mengadakan berbagai acara, mulai dari acara musik hingga pertunjukan jalan. Disediakan pula area khusus untuk anak-anak bermain. Di festival ini, para wisatawan juga dapat lebih mendalami budaya tradisional Jepang, seperti upacara minum teh dan menulis puisi Jepang (haiku).

Mito Plum Festival

shutterstock_246428209

Setiap akhir bulan Februari, pohon-pohon plum di Kairakuen mulai bermekaran. Ada sekitar 1000 pohon dengan lebih dari 100 jenis pohon plum yang berbeda. Festival yang berlangsung lebih dari satu bulan, memiliki acara-acara tradisional, seperti upacara minum teh setiap akhir minggu. Terdapat juga pertunjukan tarian Yosakoi dan penampilan Taiko di akhir festival.

Hanami Festival

shutterstock_366164600

Festival Hanami adalah acara perayaan melihat bunga sakura yang berlangsung pada saat musim semi, tepatnya bulan April. Pada saat Festival Hanami, orang-orang berkumpul di bawah pohon sakura untuk piknik sambil makan, minum, dan bernyanyi. Umumnya, bunga sakura hanya mekar selama tujuh sampai sepuluh hari dan sangat sayang untuk dilewatkan.

Published on: April 4, 2016

Views: 18047

Tags: ,