Akhir tahun merupakan saat yang tepat untuk berlibur ke Taiwan. Taiwan di musim dingin akan menyuguhkan pemandangan yang indah dan suasana yang meriah. Sama seperti negara-negara di Asia Timur lainnya, Taiwan juga ikut merayakan Dongzhi Festival, yaitu festival yang diadakan untuk menyambut datangnya musim dingin.

Festival yang telah berumur ribuan tahun ini juga kerap disebut sebagai Winter Solstice Festival, karena pada saat itu matahari berada dalam titik lemahnya yang membuat siang hari lebih pendek daripada malam hari. Tahun ini Dongzhi Festival jatuh pada tanggal 22 Desember 2017.

shutterstock_537784330

Pada saat Dongzhi Festival, masyarakat Taiwan biasanya merayakannya dengan kumpul keluarga dan membuat makanan khas festival seperti tang yuan. Tang yuan merupakan kue bulat yang terbuat dari tepung ketan yang biasanya diberi kuah gula dan jahe.

Masih berkaitan dengan tang yuan, biasanya sebelum dimakan tang yuan akan dipersembahkan dulu kepada para leluhur, yaitu dengan cara menempelkannya di pintu, jendela, meja, lemari serta kandang hewan peliharaan sebagai bentuk penghormatan kepada dewa. Tangyuan yang telah diberkati tersebut dipercaya akan menjadi jimat pelindung dari makhluk jahat.

Published on: November 7, 2017

Views: 2483

Tags: , , , ,