Traveling saat puasa bukanlah tidak mungkin. Kalian bisa memilih destinasi – destinasi yang tidak menguras tenaga, juga memberi arti lebih untuk puasa kalian. Berikut 5 tipsnya:

  • Pilih negara Ramah Muslim

Jika ingin ke luar Negeri saat bulan Ramadhan, kamu bisa memilih negara muslim maupun Negara ramah muslim sebagai tujuan liburan. Selain bisa jalan – jalan, kalian juga bisa beribadah dengan mudah karena sudah pasti ada masjid. Selain itu bisa merasakan suasana Ramadhan karena pasti masyarakat di Negara tersebut juga berpuasa. Kalian juga tak perlu khawatir soal makanan karena pasti banyak yang halal

  • Pilih Negara dengan Jam Puasa Pendek

Kalian bisa mencoba berpuasa di Australia, atau Selandia Baru yang memiliki waktu puasa lebih pendek dari Indonesia. Selain memberikan pengalaman baru, tentunya traveling ke Negara ini tidak akan membuat kalian lebih lelah dari traveling di Indonesia. Dibandingkan dengan umat muslim di belahan Utara, warga Australia dan Selandia Baru mengalami durasi puasa lebih pendek yaitu sekitar 11 jam per hari. Mulai pukul 5.58 pagi sampai 18.31 saat berbuka puasa.

  • Rencanakan Liburan Dengan Baik

Setelah menentukan kota maupun Negara mana yang akan kalian kunjungi, kalian harus membuat perencanaan yang baik agar liburan tetap asyik dan puasa tetap berjalan. Kalian bisa mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang dimana bisa menemukan masjid maupun mushola dan dimana tersedia makanan halal, jadi kalian bisa merencanakan kira-kira berapa lama harus mengunjungi suatu tempat wisata sebelum mencari takjil maupun makanan untuk berbuka.

  • Negara Non-Muslim yang memiliki Komunitas Muslim.

Mungkin kalian penasaran bagaimana rasanya berpuasa sebagai minoritas. Tentunya kalian akan merasakan tantangan sendiri. Bukan tidak mungkin kekeluargaan di dalam komunitas sangat erat, sehingga bisa memberikan arti mendalam saat berpuasa di sana.

  • Persiapkan Diri

Sebelum mengekplor tujuan liburan kalian, pastikan kalian sudah mempersiapkan diri dengan baik. Dimulai dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi tinggi saat sahur, mengonsumsi vitamin untuk menjaga stamina tubuh selama berpuasa di perjalanan, dan jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih saat sahur untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dan menghindari dehidrasi selama kamu jalan-jalan. Dan tak lupa untuk istirahat dengan baik agar tubuh kamu lebih segar dan bugar dan siap menjelajah lebih jauh di tempat tujuan liburan meski sedang puasa.

Dengan tips diatas, jangan lagi jadikan puasa sebagai alasan untuk tidak pergi kemana-mana ya! Ayo rencanakan liburan kalian meski sedang puasa!

Published on: May 29, 2018

Views: 2707

Tags: