JAKARTA. Panorama Sentrawisata Tbk (PANR) menjual sebagian saham minoritas PT Panorama Tours Indonesia (PTI) kepada  Japan Travel Bureau atawa JTB Corporation (JTB) asal Jepang. JTB juga telah menandatangani perjanjian dengan pemegang saham minoritas PTI untuk mengakuisisi saham yang dimiliki oleh PTI. Secara total, akuisisi tersebut akan memberikan JTB 40% kepemilikan di PT Panorama Tours Indonesia.

PTI yang selama ini lebih dikenal dengan nama Panorama Tours telah beroperasi di Indonesia dan memiliki berbagai macam produk wisata dalam negeri dan luar negeri untuk konsumen ritel dan korporasi.

Sedangkan PANR masih tetap sebagai pemegang saham mayoritas dengan mempertahankan 60% kepemilikan di Panorama Tours. “Hal itu merupakan langkah terbaru PANR dalam memperkuat perusahaan, khususnya untuk menjadi perusahaan pariwisata regional yang dinyatakan dalam misi dan visi 2020,” ujar Budi Tirtawisata, Direktur Utama PT Panorama Sentrawisata Tbk dalam keterangan tertulis yang diterima KONTAN, Rabu (1/2).

Budi optimistis kerja sama tersebut akan meningkatkan kapasitas dan kemampuan Panorama Tours dalam memperluas pasar domestik. Selain itu juga meningkatkan potensi kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

“Yakni melalui jaringan dan saluran distribusi dari ratusan perusahaan multinasional Jepang yang beroperasi di Indonesia dengan ribuan pekerja asing yang tinggal di Indonesia,” kata dia.

Targetnya akuisisi ini dengan persetujuan para pemegang saham PANR, akan rampung pada Maret 2017. Setelah akuisisi rampung, nama dagang Panorama Tours akan berubah menjadi Panorama JTB Tours. Selama lima tahun ke depan, kemitraan baru itu menargetkan pertumbuhan sebesar 300% dengan dukungan teknologi digital dan saluran distribusi tambahan dari JTB baik offline dan online.

Shinya Kurosawa, Presiden & CEO, JTB Asia Pacific menambahkan, pihaknya percaya kemitraan dengan Panorama akan membawa dampak positif bagi perkembangan bisnis global JTB.

Sekadar informasi, JTB Corporation merupakan salah satu perusahaan travel terbesar dan tertua di dunia yang kini mengoperasikan 520 kantor di 101 kota yang tersebar di 37 negara. Berkantor pusat di Tokyo, Jepang dan telah membukukan pendapatan tahunan sebesar US$ 13,4 miliar pada tahun 2015.

Published on: March 29, 2017

Views: 3508

Tags: , , ,