Indonesia sudah termashyur dengan ribuan pesona alam yang rasanya sudah mampu bersaing ditingkat dunia. Pantai, laut, danau, sampai bukit, semua lengkap tersedia di alam Indonesia. Sama seperti kota lain di belahan Indonesia, daerah istimewah Aceh yang kini disebut Nanggroe Aceh Darussalam juga memiliki destinasi pariwisata yang patut kamu coba kunjungi. Keindahannya kerap membuat para wisatawan ingin kembali berkunjung untuk menikmati dan menyelami kekayaan alam Aceh yang masih sangat alami. Provinsi ini dulu pernah diterjang bencana tsunami hebat, tepatnya tanggall 26 December 2004 silam. Bencana ini lantas melumpuhkan semua infrastruktur dan aktivitas masyarakat di Aceh untuk waktu sekian lama, termasuk juga pariwisatanya. Kini kondisi Aceh perlahan-lahan kembali pulih, hingga mampu menjadi salah satu destinasi paling favorit yang sering dikunjungi para wisatawan dan turis mancanegara. Kamu bisa lihat 4 tempat wisata unggulan di Aceh berikut ini:

Tugu Kilometer Nol Indonesia

Tugu Kilometer Nol Indonesia

Monumen Kilometer Nol ini berada di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan menggunakan mobil dari Kota Sabang menuju tugu monumental ini. Selama perjalanan dari kota Sabang menuju ke monumen ini, wisatawan akan disuguhi keindahan alam Pulau Weh. Di sisi kanan berupa hutan perbukitan yang nampak hijau dengan vegetasi yang rapat. Sedangkan sisi kiri terlihat deretan pantai-pantai nan eksotis dan beberapa pulau yang bakal membuat takjub mata yang melihatnya.

Pantai Iboih

Kejernihan-Pantai-Iboih

Salah satu pantai populer di Pulau Sumatera yaitu Pantai Iboih, sering dikenal dengan Teupin Layeu. Kamu bisa menyelam dan snorkeling di sini karena gelombang lautnya relatif tenang. Keanekaragaman flora dan fauna bawah laut begitu mengesankan. Ada pula gunung berapi yang berada di bawah permukaan laut.

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid-Raya-Baiturrahman-adalah-salah-satu-ikon-utama-Banda-Aceh-via-@ibnoesoan

Jika ada sebuah tempat yang harus Anda kunjungi saat bertandang ke Banda Aceh, itu adalah Masjid Raya Baiturrahman. Inilah situs bersejarah yang telah ada sejak era kejayaan Kesultanan Aceh dan bertahan hingga saat ini. Masjid ini telah melalui berbagai hal, mulai dari tragedi pembakaran oleh kolonial Belanda tahun 1873 hingga hantaman tsunami di akhir 2004. Sebagai tempat bersejarah yang memiliki nilai seni tinggi, Masjid Raya Baiturrahman menjadi objek wisata religi yang mampu membuat setiap wisatawan yang datang berdecak kagum akan sejarah dan keindahan arsitekturnya, di mana Masjid Raya Baiturrahman termasuk salah satu Masjid terindah di Indonesia yang memiliki arsitektur yang memukau, ukiran yang menarik, halaman yang luas dengan kolam pancuran air bergaya Kesultanan Turki Utsmani dan akan sangat terasa sejuk apabila berada di dalam Masjid ini.

Museum Tsunami

Museum Tsunami

Sebelas tahun berlalu sejak tsunami mengempaskan Aceh. Ketika mengunjungi Aceh, perasaan getir itu terkadang mungkin masih terasa. Di Aceh sendiri, terdapat museum yang menyimpan peninggalan-peninggalan bencana tsunami 11 tahun yang lalu. Namanya adalah Museum Tsunami Aceh. Tidak lengkap rasanya, bila berkunjung ke Aceh tanpa mengunjungi Museum Tsunami. Tetapi tak hanya sejarah tsunami saja yang nantinya dapat kamu lihat di museum ini, sebab ada fakta-fakat tersembunyi tentang Museum Tsunami yang tak banyak orang ketahui, yaitu: Bangunannya mempunyai dua makna, didanai miliaran rupiah, seolah-olah merasakan tsunami, ada nama korban, atap berbentuk gelombang laut, desain dasarnya rumah panggung Aceh, juga sebagai tempat perlindungan tsunami.

Gimana tertarik untuk berlibur ke Aceh? Langsung saja ikut tour di Panorama Jtb, banyak tiket dan paket yang murah.

Published on: May 5, 2018

Views: 5317

Tags: