Nasi Gurih

Pada dasarnya nasi gurih mirip dengan nasi uduk. Cara memasak nasi gurih adalah dengan menggunakan air santan kelapa yang dicampur dengan rempah-rempah khas Aceh. Nasi gurih biasa disajikan dengan lauk pauk, seperti ikan goreng, sayur, telur dadar, dan juga sambal.

Ayam Tangkap

Ayam Tangkap_729299749

Ayam tangkap merupakan hidangan khas dari daerah Aceh Besar. Masakan ini terbuat dari ayam yang telah dipotong-potong kemudian dimasak dengan berbagai macam rempah dan bumbu, seperti daun pandan, daun temuru, cabe hijau, bawang merah, dan bawang putih. Ayam tangkap biasa disajikan dengan nasi hangat dan bumbu kecap hangat.

Mie Aceh

Mie Aceh_691838350

Mie Aceh, makanan khas Aceh yang satu ini sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara. Mie ini memiliki cita rasa yang unik dan khas rempah-rempah Aceh. Mie Aceh bisa diolah menjadi 2 macam, yaitu digoreng dan kuah. Mie Aceh memiliki mie yang cukup tebal dan biasa dihidangkan dengan berbagai macam isi, seperti kepiting, cumi-cumi, udang, dan jamur.

Bubur Kanji Rumbi

Bubur ini mirip dengan bubur ayam namun memiliki rasa yang lebih lezat. Bubur kanji rumbi terbuat dari beras yang ditumbuk kasar dan direbus dengan campuran rempah-rempah, seperti lada, ketumbar, bawang merah, jahe, dan biji pala.

Published on: November 22, 2017

Views: 822

Tags: , ,