Bingung Tahun Baru Imlek kemana? Beberapa tempat wisata pun menjadi destinasi terbaik mengisi liburan bersama keluarga. Berikut tempat wisata Imlek di Jakarta dan sekitarnya yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga.

Boen Tek Bio

Klenteng Boen Tek Bio merupakan klenteng tertua di Tangerang yang terletak di Kawasan Pasar Lama. Usia klenteng sudah mencapai empat abad. Ribuan orang dari berbagai kota mendatangi klenteng ini setiap perayaan Imlek. Pada malam pergantian tahun, suasana Pasar Lama berubah menjadi hikmat dan penuh dengan pernak-pernik Imlek, termasuk hiburan Barongsai dan Liong.

Vihara Dharma Bhakti

Terletak di Pecinan Glodok, Vihara Dharma Bhakti dikenal sebagai vihara tertua di Jakarta. Vihara yang dibangun pada tahun 1650 ini akan dipenuhi oleh ribuan orang saat perayaan malam pergantian Tahun Baru Imlek. Ratusan lilin raksasa akan menyambut pengunjung dari depan pintu gerbang.

Klenteng Hok Tek Bio

Klenteng yang berlokasi di Jalan Suryakencana No. 1 Bogor ini selalu ramai dikunjungi setiap perayaan Tahun Baru Imlek. Acara di klenteng ini biasanya berlangsung sejak sore hingga dini hari. Beberapa kesenian tradisional China seperti barongsai dan liong pun digelar sebagai salah satu bentuk hiburan saat perayaan Tahun Baru Imlek.

Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara berlokasi di kawasan Banten Lama, Kampung Pamarican, Kabupaten Serang. Vihara ini berada dalam satu kompleks dengan Masjid Agung Banten Lama, Keraton Surasowan, Keraton Kaibon, dan Benteng Speelwijk. Meskipun berada di tengah kawasan masyarakat Muslim, vihara ini tetap menjadi salah satu tempat ibadah paling ramai. Terutama saat perayaan Tahun Baru Imlek.

Pasar Petak Sembilan

Pasar Petak Sembilan terletak di seberang pusat elektronik Glodok. Pasar ini sangat kental dengan suasana Tahun Baru Imlek bahkan dihiasi dengan hiasan lampion serta pernak-pernik merah. Kawasan ini menjual berbagai dagangan yang berhubungan dengan Tahun Baru Imlek seperti baju cheongsam, kue keranjang, angpao, aksesoris Imlek, hingga buah khas Imlek, seperti leci, jeruk, dan buah plum.

Published on: January 28, 2017

Views: 1150