Sydney Harbour Bridge dibuka untuk pertama kalinya pada tahun 1932 dan mendapatkan julukan the “Coathanger.” Pengunjung dapat berjalan dan bersepeda melintasi bangunan panjang yang membentang di Sydney Harbour ini sambil menikmati panorama kota Sydney sejauh mata memandang. Letak dari Sydney Harbour Bridge sendiri sangat mudah dijangkau, yaitu di Cumberland Street No 3, the Rocks, Sydney. Para pejalan kaki dapat berjalan dari arah Darling Harbour, salah satu jalanan yang ramai dilalui di kota Sydney.

Satu hal yang menarik dari Sydney Harbour Bridge adalah selain bangunannya yang kokoh dan menakjubkan, kita juga dapat menjelajahinya secara langsung melalui aktivitas panjat Jembatan atau yang lebih akrab disebut dengan BridgeClimb Sydney.

Saat ini, BridgeClimb Sydney menjadi atraksi yang banyak diminati oleh para pecinta adrenalin, terutama generasi muda, dan bukanlah hal yang asing jika Jembatan ikonik di Australia ini menjadi tujuan utama para pelancong saat mengunjungi kota Sydney. Panjat struktur Jembatan Sydney Harbour di petang hari, dimana Anda dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam diantara gedung-gedung menjulang kota Sydney.

Selama proses pemanjantan berlangsung, Anda akan didampingi oleh Climb Leaders yang menghibur. Mereka akan berbagi dengan Anda sejarah mengenai Jembatan Sydney Harbour, mulai dari awal dibangun hingga hari pertama Jembatan tersebut dibuka untuk umum. Proses petualangan dengan BridgeClimb Sydney biasanya berjalan selama 3 jam dan 30 menit, dilakukan per kelompok yang terdiri dari 14 orang. Dan apabila menurut Anda waktu itu terlalu lama, Anda dapat memilih opsi yang lebih pendek, yaitu selama 2 jam 15 menit dengan group yang terdiri dari 12 orang.

Tidak diperlukan keahlian atau keterampilan memanjat untuk melakukan aktivitas ini. Anda juga tidak perlu merasa khawatir karena atraksi ini dilakukan per kelompok bersama dengan pendamping yang profesional.

Beberapa persiapan perlu dilakukan sebelum memanjat Jembatan Sydney Harbour. Peralatan yang diperlukan untuk memanjat akan diberikan dan wajib digunakan terlebih dahulu untuk menunjang keselamatan dan keamanan para pemanjat. Kelengkapan perlengkapan seperti baju (jumpsuit) dan ikat pinggang atau kostum disesuaikan dengan kondisi cuaca saat itu. Pemanjat diperbolehkan membawa kacamata hitam untuk kegiatan memanjat pada siang hari.

Dalam beberapa acara istimewa seperti Vivid Sydney Festival, Sydney Harbour dalam sekejap berubah menjadi sebuah tempat perhelatan akbar yang penuh dengan aktivitas-aktivitas menarik. Sepanjang malam selama festival berlangsung, bangunan disekitar Sydney Harbour menjadi terang benderang. Dapat dikatakan, Vivid Sydney Festival adalah suatu kesempatan yang tidak dapat dilewatkan untuk memanjat struktur Jembatan Sydney Harbour. Lakukan aktivitas ini pada malam hari untuk menikmati proyeksi cahaya yang indah di Opera House dan pencakar-pencakar langit Sydney lainnya.

Selama beberapa tahun terakhir, pemanjat pada malam hari turut memeriahkan Vivid Sydney Festival dengan mengenakan rompi berkelap-kelip sehingga mereka bersatu, menjadi bagian dari pertunjukan cahaya di Vivid Sydney. Pada tahun 2014 yang lalu, BridgeClimb mencoba untuk berinovasi dengan ide kreatifnya, yaitu dengan menambahkan instalasi lampu berbentuk bintang di atas Jembatan yang berkedip, mempercantik Jembatan ikonik di kota Australia tersebut.

Disarankan bagi pengunjung ataupun peminat aktivitas panjat Jembatan Sydney Harbour untuk datang lebih awal guna menghindari keramaian dan mendapatkan posisi yang sesuai dengan yang diinginkan, sehingga mereka dapat menikmati pemandangan yang terbaik di atas Jembatan Sydney Harbour.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.australia.com untuk merencanakan liburan anda selanjutnya.

Published on: June 28, 2016

Views: 2737

Tags: ,