Terdiri dari ribuan pulau, Indonesia memiliki kekayaan alam dan potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya adalah wisata bawah laut, banyak taman laut di Indonesia yang cantik dan indah bahkan terkenal hingga ke mancanegara. Berikut adalah taman laut paling indah di Indonesia yang menjadi tempat favorit para penyelam.

Raja Ampat

Raja Ampat_239473156

Terletak di sebelah timur Indonesia, keindahan Raja Ampat sudah tak diragukan lagi. Bagaikan surga bawah laut, begitu kata orang-orang yang pernah berkunjung ke Raja Ampat. Dengan luas mencapai 4 juta hektar, Raja Ampat memiliki 75% dari total keseluruhan koral di dunia. Memiliki jarak pandang bawah air di Raja Ampat juga sangat baik, yaitu mencapai 10-30 m, tidak salah lagi taman laut ini menjadi salah satu tempat favorit para penyelam.

Wakatobi

Wakatobi_450008497

Nama Wakatobi berasal dari singkatan nama empat pulau utamanya, yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomiang, dan Binongko. Sejak tahun 1996, kepulauan ini telah ditetapkan sebagai taman nasional. Letaknya yang masuk dalam wilayah Segitiga Karang Dunia membuat tempat ini menjadi surga para penyelam. Terdapat sekitar 750 spesies koral dan berbagai macam makhluk laut yang jarang ditemukan di daerah lain.

Derawan

Derawan_230351761

Taman Laut Kepulauan Derawan terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Taman laut ini memiliki sekitar 460 hingga 470 spesies, termasuk beberapa spesies yang dilindungi, seperti penyu hijau, penyu sisik, ikan barakuda, ikan lumba-lumba, ikan duyung, dan ikan paus. Hal ini menjadikan Kepulauan Derawan sebagai taman laut terkaya nomor dua setelah Raja Ampat. Tak heran banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang menyelam di sana.

Pulau Komodo

Komodo Island_131410361

Pulau Komodo tidak hanya terkenal sebagai satu-satunya habitat hewan komodo saja. Siapa sangka Pulau Komodo ternyata memiliki keanekaragaman hayati bawah laut yang sangat indah. Terdapat 53 titik lokasi rekreasi menyelam dengan jarak pandang (visibility) 5-30 meter. Di dalam taman laut ini, Anda dapat menemukan sekitar 200 jenis batu karang dan 1.000 jenis ikan.

Published on: August 6, 2016

Views: 2589

Tags: , , , ,