Terletak tepat di garis Khatulistiwa, Indonesia merupakan satu-satunya daratan yang akan mengalami Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016 mendatang. Namun, tidak semua tempat di Indonesia mengalami peristiwa yang langka ini. Hanya beberapa tempat yang dapat menyaksikan gerhana matahari total secara jelas, seperti yang akan disebutkan berikut ini.

Palembang

Palembang menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan gerhana matahari total. Diperkirakan gerhana akan sejak pagi sekitar pukul 07.20 WIB dengan durasi matahari tertutup bulan secara penuh akan berlangsung selama 1 menit 50 detik.

Bangka

Pulau Bangka juga menjadi salah satu spot yang tepat untuk menikmati gerhana matahari total. Gerhana matahari total akan berlangsung pukul 07.21 WIB dengan fokus pengamatannya akan berada di Pantai Penyak, Bangka Tengah.

Belitung

Selain terkenal dengan destinasi yang indah, Pulau Belitung juga menjadi spot yang akan dilewati oleh gerhana matahari total. Belitung menjadi tempat yang paling diburu para wisatawan. Pemerintah setempat pun telah menyiapkan beberapa tempat yang akan menjadi fokus pengamatan gerhana yang diperkirakan akan terjadi selama 2 menit 2 detik.

Balikpapan

Gerhana matahari total diperkirakan akan melewati ibukota provinsi Kalimantan Timur ini mulai pukul setengah 8 pagi waktu setempat dengan durasi sekitar 1 menit 10 detik. Selain menikmati wisata gerhana, Anda juga dapat menikmati wisata lainnya di Kalimantan Timur, seperti mengunjungi objek wisata terkenal di Balikpapan atau berlibur ke Kepulauan Derawan.

Palu

Palu, kota yang satu ini tentu tidak boleh terlewat menjadi spot terbaik menyaksikan gerhana matahari total tahun ini. Ibukota Sulawesi Tengah ini akan mengalami gerhana selama lebih dari 2 menit yang akan berlangsung mulai dari pukul 08.38 WITA.

Palangkaraya

Palangkaraya menjadi kota terlama kedua yang akan dilewati gerhana matahari total setelah Ternate. Kota ini akan mengalami kegelapan sesaat selama 2 menit 29 detik. Gerhana matahari total tersebut diperkirakan akan terjadi pada pukul 07.30 waktu setempat. Berbagai acara telah dipersiapkan untuk menyambut momen ini.

Ternate

Ternate didaulat menjadi destinasi terbaik untuk menyaksikan gerhana matahari total. Diperkirakan gerhana akan berlangsung paling lama di kota ini, yakni sekitar 2 menit 39 detik yang akan terjadi pada pukul 09.51 waktu setempat.

Gerhana matahari total adalah peristiwa langka yang hanya terjadi 350 tahun sekali. Jika Anda tak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini, segera pesan tiket ke salah satu destinasi tersebut. Untuk lebih jelasnya klik di sini.

Published on: March 3, 2016

Views: 2656