1. Penglipuran

Desa Penglipuran

Terletak di Kabupaten Bangli, Bali, Desa Penglipuran dikenal sebagai desa paling cantik dan paling bersih di Pulau Dewata. Desa ini memang tidak begitu luas, hanya sekitar 112 hektar. Teradapat deretan rumah berarsitektur Bali di kanan dan kiri jalan. Pepohonan, rerumputan, dan berbagai bunga aneka warna tampak indah menghiasi desa wisata ini. Desa ini sangat asri dan juga kental dengan budaya Bali.

2. Wae Rebo

Wae Rebo

Wae Rebo adalah salah satu desa unik di Indonesia yang terletak di kecamatan Satarnase, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Pegunungan Pocoroko. Di Desa Wae Rebo ini terdapat 7 rumah utama berbentuk kerucut dengan ketinggian dan diameter yang sama, yaitu sekitar 12-15 meter. Masing – masing rumah bisa ditempati 6 sampai 8 keluarga. Karena keunikan bentuknya, UNESCO menobatkan desa ini sebagai bangunan konservasi warisan budaya.

3. Kete Kesu

kete-kesu-4-2

Desa Kete Kesu berada di Kampung Bonoran, Kecamatan Sanggalang Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan. Desa ini ditetapkan sebagai cagar budaya karena menjadi salah satu desa penghasil kerajinan pahat, ukir dan lukisan yang sudah diakui dunia. Keunikan dari desa ini adalah terdapat banyak tengkorak berserakan di berbagai sisi tebing di Kete Kesu.

4. Trunyan

Desa Trunyan_355075859

Selain memiliki pemandangan yang indah dan cantik, Desa Trunyan di Kabupaten Bangli, Bali ini juga memiliki sisi budaya unik. Desa ini memiliki kuburan di bagian timur Danau Batur. Di kuburan ini jenazah tidak dikuburkan, tetapi hanya dibiarkan saja di atas tanah hingga membusuk. Uniknya, di sekitar kuburan tidak tercium bau bangkai.

5. Baduy

baduy

Baduy merupakan salah satu desa adat yang ada di Banten. Suku Baduy terbagi dua, yaitu Baduy Luar dan Baduy Dalam. Di pemukiman Baduy, Anda bisa melihat keunikan rumah – rumah Suku Baduy yang terbuat dari bambu dan tertata dengan rapi. Sungai yang mengalir di pemukiman ini pun sangat jernih karena Suku Baduy sangat menghargai alam. Mereka tidak memperbolehkan penggunaan shampoo, sabun, atau bahan-bahan kimia lainnya.

Published on: May 10, 2016

Views: 3720

Tags: , ,