Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya menjadi salah satu “gudang” wisata kuliner. Berjuluk kota Pahlawan, Surabaya memiliki banyak monumen dan patung pahlawan nasional yang tersebar di sudut kota dan makanan yang beragam, cita rasanya yang dimiliki pun sangat khas. Mau yang pedas, manis, ataupun gurih bisa kalian temukan di kota ini. Oleh karena itu, berkujung ke kota ini sepertinya kurang lengkap jika tidak mencicipi makanan khasnya. “Rek Ayo rek, kita main ke Surabaya~ Rek Ayo rek kita cari kuliner Surabaya”. Berikut 5 wisata kuliner di Surabaya yang wajib kalian coba:

  • Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi

Tempat makan ini ada di jalan Tanjung Torowitan No. 39, dan tempat makan ini biasanya buka dari jam 15.00 s/d 18.00. Meskipun hanya 3 jam saja, makanan ini selalu habis oleh pembeli, karena menu andalannya yang berupa gading bebek yang disajikan dengan rasa gurih dan empuk, kemudian di tambah lagi dengan sambal pencit atau sambal mangga muda dengan rasanya yang khas. Nah, kalo kalian mau ke sini harus datang lebih awal ya, agar tidak kehabisan.

  • Sate Klopo Ondomehen bu Asih

Sate Klopo Ondomehen bu Asih

Warung sate ini sudah tak asing lagi bagi warga Surabaya, Klopo alias kelapa yang membedakan kuliner ini dengan sate pada umunya. Dagingnya yang ditusuk sate akan dioleskan bumbu kelapa parut saat dibakar. Nah, nama Ondomehen diambil dari nama Jalan Ondomehen yang kini berubah menjadi Jalan walikota Mustajab. Telah berdiri selama 60 tahun, sate ini berhasil mempertahankannya cita rasanya yang khas.

  • Rujak Cingur Ahmad Jais

Rujak CIngur Ahmad Jais

Rujak umumnya dikenal sebagai kuliner buah-buahan yang disiram bumbu kacang, namun beda halnya dengan rujak cingur khas Surabaya. Seperti namanya, rujak cingur menggunakan irisan cingur (mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan) yang ditambah potongan tahu, tempe goreng, kangkung, toge, bengkoang, dan mentimun yang disiram bumbu rujak. Nah untuk kalian yang mau mencoba makanan ini, tempatnya berada di Jalan Ahmad Jais No. 40, Peneleh.

  • Soto Lamongan Cak Har

Soto Lamongan Cak Har

Nah pas banget nih bagi kalian yang suka soto, di kota ini ada tempat makan soto yang paling enak, tempatnya berada di Jalan Ir. Soekarno, Surabaya. Di sini sotonya berbeda, karena soto ini disajikan kuah soto bersantan dan tentu saja mempunyai rasa lebih gurih dan kental.

  • Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Lontong Balap

Nah ini dia nih makanan paling Wueeenak di Surabaya! Nih keistimewaan makanan ini, perpaduan rasa petis dan aroma bawang putihnya yang pas akan membuat lidahmu bergoyang. Satu hal yang khas dari sajian lontong balap adalah lentho. Tekstur kriuk dan gurihnya yang disiram kuah panas sangat bikin nagih, dan jangan lupa untuk melengkapi menu makan kalian dengan sate kerang yang menjadi pasangan tak terpisahkan dari lontong balap. Tenang saja, menemukan kuliner Surabaya yang lezat ini tidak susah. Lontong balap ini bisa kalian temukan di Jalan Prof. Moestopo 11, Surabaya.

Nah, bagaimana sekarang? Jadi tahu kan kalau Surabaya ternyata juga kaya akan kuliner lezat yang menggoda? Yang lebih menyenangkan lagi, kota ini sangat mudah di akses dari kota mana pun di Indonesia dan tersedia banyak sekali penginapan dan harga yang ramah di kantong. Kalian juga bisa membeli tiket dan hotel yang murah nih di sini.

Published on: August 26, 2018

Views: 7770

Tags: ,