Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda mengunjungi Australia, meliputi cuaca dan iklim, visa, serta mata uang:

Cuaca dan Iklim

Australia memiliki cuaca sedang hampir sepanjang tahun, namun memiliki iklim yang bermacam-macam. Negara bagian di sebelah utara biasanya bercuaca hangat hampirsepanjang waktu, sedangkan negara bagian di sebelah selatan mengalami musim salju yang lebih dingin. Australia juga merupakan salah satu benua terkering di bumi dengan curah hujan tahunan rata-rata kurang lebih 500 mm. Seperti semua negara di belahan bumi selatan, musim di Australia berkebalikan dengan musim di belahan bumi utara. Bulan Desember sampai Februari, negara ini mengalami musim panas; Maret sampai Mei musim gugur; Juni sampai Agustus musim salju, dan September sampai November musim semi.

Visa

Semua yang berkunjung ke Australia, wajib memerlukan visa untuk memasuki wilayahnya. Kecuali, jika Anda adalah warga negara Australia atau Selandia Baru. Pemegang paspor Selandia Baru dapat mengajukan permohonan visa setelah kedatangannya di negara ini. Namun, semua pemegang paspor lainnya harus mengajukan permohonan visa sebelum berangkat dari negaranya. Anda dapat mengajukan permohonan berbagai jenis visa, di antaranya visa wisatawan dan visa liburan kerja, di Konsulat Australia terdekat di wilayah Anda. Anda juga bisa mengajukan permohonan jenis visa tertentu secara online.

Mata Uang
Mata uang nasional Australia adalah dolar Australia yang berupa pecahan uang kertas $5, $10, $20, $50, dan $100. Uang logam berupa pecahan 5, 10, 20, dan 50 sen, serta satu dan dua dolar. Uang kertas dolar Australia berwarna-warni dan menggambarkan tokoh-tokoh Australia baik dari masa lampau maupun sekarang.

Anda dapat menggunakan kartu kredit seperti American Express, Bankcard, Diners Club, MasterCard, Visa, dan JCB diterima di Australia. VISA atau MasterCard umumnya diterima. Sebaiknya Anda membawa lebih dari satu jenis kartu, karena kartu yang diterima oleh toko mungkin berbeda-beda. Selalu bawa sedikit uang tunai, karena banyak toko tidak menerima pembayaran kartu untuk pembelian di bawah AUD$15.

Published on: February 2, 2016

Views: 1556

Previous article:
Next article: