Thailand terkenal akan kebudayaan dan festivalnya yang beragam, salah satu festival terbesar dan yang paling ditunggu oleh warga Thailand adalah Festival Songkran. Namun, ada beberapa kota yang melakukan festival ini hingga 5 hari, salah satunya Chiang Mai.

Ada alasan khusus mengapa Festival Songkran diadakan selama 3 hari. Berdasarkan perhitungan kalender matahari, akhir tahun Thailand berakhir pada tanggal 13 April, tanggal 14 dianggap sebagai hari pergantian tahun, kemudian tanggal 15 barulah awal tahun dimulai. Kalau ada beberapa kota yang merayakannya hingga lebih dari 3 hari adalah sebagai bentuk kegembiran Thailand menyambut tahun baru. Bahkan masyarakat Thailand lebih antusias dalam menyambut Tahun Baru Thailand ketimbang Tahun Baru Internasional.

shutterstock_101210197

Festival Songkran dikenal juga dengan nama Thailand Water Festival atau Festival Air Thailand. Layaknya perayaan tahun baru pada umumnya, perayaan festival ini bertujuan untuk memanjatkan harapan agar menjadi lebih baik lagi. Harapan ini dilambangkan dengan air. Selain itu air dipercaya dapat membasuh segala hal-hal buruk yang ada di diri manusia, sehingga dapat menjalani kehidupan baru dalam keadaan bersih.

Cara masyarakat Thailand merayakan festival ini cukup unik, yaitu dengan melakukan perang air dan menyemprotkan air kepada siapapun yang lewat, tidak peduli kenal ataupun tidak, bahkan kepada para wisatawan. Maka dari itu Anda jangan kaget kalau tiba-tiba ditembakkan air jika berkunjung pada musim festival ini.

shutterstock_309561428

Awalnya Festival Songkran dirayakan dengan cara yang religius, yaitu dengan mengunjungi kuil dan membasuh Buddha dengan air bunga yang bertujuan untuk memberi penghormatan pada Buddha. Kemudian dilanjutkan dengan tradisi saling menyiram air antar anggota keluarga dengan harapan agar di tahun yang baru menjadi lebih baik lagi.

Meskipun saat ini perayaan Festival Songkran berubah menjadi perang air nasional yang santai dan suka cita sekaligus menandakan masuknya musim panas di Thailand, masih ada yang merayakannya secara religius di kuil-kuil dengan berdoa kepada Buddha.

Published on: April 8, 2016

Views: 2687

Tags: , ,