Brisbane adalah kota menyenangkan yang dikelilingi taman dan gedung-gedung bersejarah, serta menjadi pintu gerbang ke berbagai atraksi di Queensland. Waktu terbaiknya adalah musim semi yang berlangsung antara September hingga November. Di bulan-bulan inilah langit cerah dan cuaca hangat dengan hembusan angin yang sejuk. Berikut tempat-tempat menarik di kota ini yang patut dikunjungi.

Queen Street Mall

Queen Market, Au_178701533
Pusat perbelanjaan utama di Brisbane ini terletak dekat Brisbane River dan South Bank Parklands. Selain menawarkan sejumlah bar dan restoran, shopping street ini memiliki lebih dari 700 toko ritel yang berderet di sisi jalan maupun di dalam berbagai mal dan shopping arcarde-nya, seperti QueensPlaza, Wintergarden, Brisbane Arcade, Tattersall’s Arcade, dan The Myer Centre. Selain itu, terdapat juga salon, kasino, hotel, dan museum yang semuanya dapat diakses dengan jalan kaki. Bila lelah berjalan pun pengunjung selalu dapat duduk-duduk di salah satu bangku yang disediakan sambil menikmati akses Internet gratis dengan menggunakan jaringan Brisbane Free Wi-Fi. Penggila belanja disarankan mengalokasikan satu hari penuh di sini. (Akses: Central Train Station)

South Bank Parklands

Southbank Parklands, Au_342076658
Dapat diakses dari Queen Street Mall dengan berjalan kaki selama 15 menit, atau naik bus selama 10 menit, South Bank Parklands di tepi Brisbane River ini terdiri hutan, lapangan rumput untuk berpiknik, serta berbagai objek wisata unggulan Brisbane, termasuk kincir ria Wheel of Brisbane setinggi 60 meter yang menawarkan pemandangan kota 360 derajat dan pantai buatan Streets Beach yang selalu ramai di akhir pekan. Stanley Street Plaza di kawasan ini juga menarik untuk berwisata kuliner karena menawarkan beragam restoran etnik, mulai dari Asia, Turki, India, hingga hingga Mediterania. Plaza ini juga menggelar Collective Markets setiap Jumat malam, Sabtu, dan Minggu yang menjual berbagai pernak-pernik untuk rumah tangga dan aksesori unik karya seniman setempat. (Akses: South Brisbane Station/South Bank Station)

Fortitude Valley

Fortitude Valley_221388730
Merupakan salah satu pusat kehidupan malam di Brisbane dengan deretan bar dan klub malam yang terkenal, Fortitude Valley juga dapat dikunjungi untuk day trip bagi yang ingin melihat-lihat berbagai galeri, kafe funky, dan butik indie terbaik di Brisbane. Sebut saja koleksi busana di Fallow (fallow.com.au) yang terinspirasi dari film noir, Heidi Go Seek untuk aneka gaun unik untuk berbagai acara glamor, serta Trash Monkey (trashmonkey.com.au) untuk koleksi busana vintage, retro, glam rock, hingga yang bergaya Lolita dan Victoria. Chinatown di kawasan ini juga memiliki sejumlah hidden gem, seperti L.L Arts Decor Tea Gallery untuk menikmati teh sembari mengagumi berbagai kesenian khas Tiongkok. Galeri terbaik di sini adalah Jan Murphy karena karya-karya yang ditampilkan selalu menarik, selain Institute of Modern Art yang menawarkan berbagai instalasi dari seluruh dunia, serta (M)art & Gallery Artisan yang memiliki toko yang menjual berbagai perabotan rumah tangga, perhiasan, pakaian, dan aksesori berdesain unik.

New Farm Park

New Farm Park, Au
Hanya tiga pemberhentian naik CityCat dari CBD, taman seluas 15 hektar ini memiliki jungle gym dalam naungan pohon ara raksasa. Selain memanjat mainan dan mencicipi wahana spider web, seluncuran, atau papan ayun, setelah selesai berkeringat, pengunjung dapat menuju Brisbane Powerhouse untuk berpiknik dengan memanfaatkan fasilitas barbekyu yang tersedia gratis. Berjalan santai sambil menghirup udara segar pun dapat dilakukan di sini dengan melewati boardwalk dan trek khusus pejalan kaki di sepanjang Brisbane River. Bonusnya tentu saja cakrawala kota yang berhiaskan deretan pencakar langit dan CityCat yang sesekali melintas di sungai.

sumber: Panorama Magazine

Published on: June 24, 2016

Views: 2453

Tags: , ,