Asinan Bogor

shutterstock_409691326

Asinan Bogor, kuliner khas Bogor yang satu ini sudah sangat terkenal. Tersedia 3 macam asinan Bogor, yaitu asinan buah, asinan sayur, dan asinan campuran buah dan sayur.  Meskipun sudah banyak ditemui di kota lain selain Bogor, namun jika berkunjung ke Kota Hujan wajib mencicipi langsung.

Doclang

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Doclang, makanan khas Bogor ini mirip dengan lontong sayur atau kupat tahu. Bahan untuk membuat doclang terdiri dari pesor (ketupat beras putih), tahu goreng, kentang rebus, dan telur rebus yang disiram dengan bumbu kacang dan juga kecap. Sebagai pelengkap biasanya ditaburi dengan kerupuk.

Bapatong

bapatong-taman-kencana-bogor

Bapatong merupakan singkatan dari bakso, kupat, gentong. Bapatong hampir sama dengan bakso pada umumnya, yang berbeda adalah bapatong dicampur ketupat dan iga sapi yang dipotong dadu. Layaknya bakso pada umumnya, bapatong juga bisa ditambah dengan bihun, mie kuning, dan juga pangsit.

Laksa Bogor

Laksa-Khas-Bogor-Enak-dan-Sederhana

Laksa Bogor secara garis besar mirip dengan laksa Betawi, yaitu terdiri dari ketupat, bihun, tahu, toge, telur rebus, dan daun kemangi yang disiram dengan kuah kuning. Yang membedakan laksa Betawi dan laksa Bogor adalah campurannya, jika di laksa Betawi dicampur dengan udang rebon di bumbunya maka pada laksa Bogor dicampur dengan oncom.

Published on: August 4, 2017

Views: 1115

Tags: , , , , ,