Australia memang memiliki wilayah yang besar, namun bukan berarti sulit untuk menjelajahinya. Pantai-pantai yang belum tersentuh yang terbentang sejauh bermil-mil dan gurun-gurun yang menyentuh cakrawala, semuanya dapat Anda jelajahi. Berikut adalah berbagai cara yang dapat Anda pilih untuk menjelajahi Negeri Kangguru ini.

Udara

Terbang adalah cara terbaik untuk menjangkau jarak jauh dalam waktu singkat. Waktu perjalanan Anda menjadi lebih singkat, sehingga lebih banyak waktu di darat untuk menikmati berbagai bentang alam Australia yang tidak boleh dilewatkan. Maskapai penerbangan domestik Australia – Qantas, Jetstar, Virgin Blue, Rex dan anak perusahaan mereka – melayani semua ibu kota negara bagian dan pusat-pusat regional.

Berkendara

Australia memiliki suatu ruas jalan yang terpelihara dengan baik dan sejumlah rute perjalanan dengan pemandangan paling indah di dunia. Anda dapat melakukan perjalanan dari Sydney menuju Brisbane melintasi kota-kota pesisir yang tenang dan daerah pedalaman yang rimbun. Atau menjelajahi Great Ocean Road di Victoria yang mengitari pesisir tenggara yang spektakuler. Anda bisa mendatangi berbagai perusahaan penyewaan mobil di bandara-bandara utama, berbagai lokasi di pusat kota, di pinggiran kota dan di resor.

Bus/Coach

Coach dan bus di Australia adalah alat transportasi yang nyaman, mudah dan ekonomis. Coach biasanya dilengkapi dengan AC, lampu baca, kursi yang bisa diatur dan video. Layanan ini senantiasa tersedia, terjangkau dan efisien. Operator coach nasional di Australia, yaitu Greyhound, biasanya menawarkan tiket yang sesuai dengan anggaran kita.

Kereta api

Perjalanan dengan kereta api merupakan cara yang nyaman dan terjangkau serta menyajikan pemandangan permai untuk menjelajahi Australia. Layanan kereta api antar negara bagian dan dalam negara bagian menghubungkan kota-kota dan pusat regional. Sementara perjalanan kereta lintas alam menyajikan pemandangan unik akan betapa luas dan beragamnya Australia. Pilihan perjalanan berkisar mulai dari yang murah hingga yang mewah.

Transportasi umum

Semua kota besar di Australia menyediakan berbagai sarana transportasi umum, di antaranya kereta api, bus, kapal feri, monorel, kereta ringan dan trem. Taksi mengenakan biaya menurut jarak tempuhnya.

Kapal feri

Spirit of Tasmania menyediakan layanan kapal feri untuk penumpang dan kendaraan antara Melbourne dan Tasmania setiap malam. Layanan tambahan diadakan selama masa-masa puncak musim panas. Kapal feri Sealink menghubungkan Australia Selatan dan Pulau Kangguru beberapa kali setiap hari. Kapal feri menghubungkan daerah pinggiran kota di kota-kota besar – menyeberangi Sydney Harbour, Sungai Swan di Perth dan Sungai Brisbane di Brisbane.

Jalan kaki

Jalan kaki adalah cara yang tepat untuk bertamasya keliling kota, jadi bersiaplah untuk menjejakkan kaki Anda di trotoar yang luas dan ramah bagi kaki Anda. Anda juga bisa menaklukkan beberapa jalur penjelajahan terpanjang di dunia yang ada di Australia – berbagai perjalanan menakjubkan sejauh ribuan kilometer atau lebih yang bisa menghabiskan waktu beberapa minggu untuk menyelesaikannya.

Published on: February 2, 2016

Views: 1822

Previous article:
Next article: