Memasuki bulan Agustus, semakin dekat dengan peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Mengunjungi tempat-tempat bersejarah dapat menjadi salah satu cara untuk memperingati dan menapak tilas kemerdekaan Indonesia. Jika Anda ingin mengisi hari libur pada saat peringatan kemerdekaan, berikut adalah objek wisata sejarah yang identik dengan kemerdekaan Indonesia.

1. Monumen Proklamator
Monumen Proklamator berada di tanah lapang kompleks Taman Proklamasi yang dulunya adalah Jl. Pegangsaan Timur No.56, rumah Bung Karno yang menjadi tempat dibacakannya proklamasi. Terdapat patung Bung Karno yang sedang memegang naskah dan berdiri berdampingan dengan Bung Hatta. Di tengahnya ada naskah proklamasi berukuran besar dengan tulisan berwarna emas, sedangkan belakangnya ada 17 pilar yang menandakan tanggal kemerdekaan, 17 Agustus.

2. Monas (Monumen Nasional)

shutterstock_131395448
Monas atau Monumen Nasional merupakan monumen peringatan yang dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan Belanda. Monumen setinggi 132 meter ini dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 dan mulai dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975. Di dalam museum terdapat 51 diorama yang menampilkan sejarah Indonesia sejak masa pra-sejarah hingga orde baru dan juga naskah asli teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang disimpan dalam kotak kaca di Ruang Kemerdekaan.

3. Monumen Kebangkitan Nasional
Monumen ini dulunya merupakan gedung sekolah STOVIA (School Tot Opleiding Van Inlandsche Arsten) atau sekolah kedokteran untuk pelajar pribumi yang telah beroperasi sejak Maret 1902. Di museum ini terdapat lebih dari 2.000 koleksi bangunan, mebel, jam dinding, gantungan lonceng, perlengkapan kesehatan, pakaian, senjata, foto, lukisan, patung, diorama, peta, dan miniatur. Ada juga instalasi seni RA Kartini yang mengajar anak-anak di pendopo rumah ayahnya

4. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Museum Perumusan Naskah Proklamasi (Munasprok) adalah gedung yang dibangun untuk mengenang peristiwa proses perumusan naskah proklamasi kemerdekaan di Indonesia. Terletak di Menteng, tempat ini dulunya merupakan tempat kediaman Laksamana Maeda. Pada tahun 1992, gedung ini baru dijadikan sebagai Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Di dalamnya terdapat 4 ruangan yang berisi pameran benda-benda yang dikenakan para tokoh yang hadir dalam perumusan naskah proklamasi.

5. Gedung Joang 45

Gedung Joang 45
Terletak di kawasan Menteng, museum ini dulunya merupakan sebuah hotel yang dikelola oleh keluarga L.C Schomper, namun akhirnya diambil alih oleh para pemuda Indonesia dan menjadikannya sebagai kantor untuk mendidik pemuda Indonesia. Di Museum Joang 45 ini Anda dapat melihat jejak perjuangan kemerdekaan RI dan koleksi benda-benda peninggalan para pejuang Indonesia. Terdapat juga koleksi foto dokumentasi dan lukisan yang menggambarkan perjuangan sekitar tahun 1945 -1950an.

Published on: August 1, 2016

Views: 3262

Tags: , ,