Indonesia

Kompleks Candi Borobudur biasa menjadi tempat perayaan Waisak terbesar di Indonesia. Di akhir ritual, umat Buddha akan melepas lentera atau lampion ke udara. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar semua harapan tercapai. Pengunjung yang datang ke Candi Borobudur pun juga bisa ikut melepaskan lampion ke udara.

Singapura

Melepas burung dari sangkar menjadi tradisi perayaan Waisak di Singapura. Biasanya burung yang dilepaskan bukanlah burung peliharaan, melainkan burung liar. Tradisi pelepasa burung ini dimaksudkan sebagai simbol dari kebebasan.

Thailand

Sebagai negara dengan penduduk beragama Buddha sebanyak 95%, perayaan Waisak yang diselenggarakan di ibukota Thailand, Bangkok diwarnai dengan suasana damai. Saat hari Waisak, umat Buddha akan ramai mengunjungi sebuah patung Buddha berukuran 15,87 meter di sebuah kuil di provinsi Nakhon Pathon.

Sri Lanka

Perayaan Waisak di Sri Lanka biasa dimeriahkan dengan membuat lentera yang menyerupai lampu-lampu listrik yang berwarna-warni. Hal ini dilakukan untuk mengenang nilai-nilai Buddha. Perayaan tersebut biasa dilakukan di ibu kota Sri Lanka, yaitu Kolombo.

Taiwan

Umat Buddha di Taiwan merayakan Waisak dengan menggunakan air wangi. Biasanya umat Buddha akan berkumpul mengelilingi sebuah kolam yang dihiasi bunga dan terdapat patung Sidartha kecil di tengahnya. Patung Buddha kecil itu kemudian akan dibasuh menggunakan air wangi tersebut.

Published on: May 20, 2016

Views: 3094

Tags: , , , , , , ,