Tak kalah dari kota-kota lainnya, Cirebon juga memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk para wisatawan. Sebagai salah satu kota tertua di Pulau Jawa, Cirebon menawarkan kekayaan sejarah dan juga pemandangan alam yang indah. Berikut adalah rekomendasi tempat wisata populer di Cirebon yang dapat Anda kunjungi saat berlibur ke Cirebon.

1.Taman Sari Gua Sunyaragi

Gua-Sunyaragi-Cirebon

Taman Sari Gua Sunyaragi adalah sebuah kawasan cagar budaya yang memiliki luas area sekitar 15 hektar. Tempat ini dulunya merupakan tempat bertapa dan beristirahat Sultan Cirebon dan keluarganya. Di sekitar area gua ini terdapat 18 bangunan kuno yang artistik, arsitekturnya merupakan perpaduan antara Indonesia klasik dan China pada setiap ornamen bangunan.

2. Keraton Kasepuhan

Keraton_Kasepuhan

Keraton yang dulunya bernama Keraton Pakungwati ini merupakan keraton termegah dan paling terawat di Cirebon. Bangunan utama keraton ini berwarna putih dengan dikelilingin oleh tembok bata berwarna merah. Di dalamnya terdapat museum yang berisi aneka benda pusaka, seperti singgasana sultan serta lukisan koleksi kerajaan.

3. Taman Ade Irma Suryani

ade-irma

Terletak dekat dengan Pelabuhan Cirebon, taman ini dulunya bernama Taman Traffic Garden Cirebon. Taman Ade Irma Suryani merupakan salah satu destinasi wisata di Cirebon yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Di taman yang juga merupakan ruang terbuka hijau ini menyediakan berbagai permainan anak-anak, kebun binatang, wisata pantai, hingga hiburan berupa acara musik di hari Minggu yang didukung banyak artis terkenal.

4. Banyu Panas Palimananan

Banyu Panas Palimanan

Terletak di Desa Palimanan, Banyu Panas Palimanan dikenal masyarakat Cirebon dengan sumber air yang memiliki kandungan belerang cukup tinggi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tempat pemandian air panas ini memiliki berbagai jenis kolam mandi. Di sekitarnya terdapat banyak gazebo yang dapat digunakan untuk beristirahat.

5. Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata-Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringin adalah objek wisata hutan di Desa Ciwaringin, Cirebon yang menampilkan keindahan alam. Di kawasan ini banyak ditumbuhi pohon kayu putih. Tempat ini sangat cocok bagi para wisatawan yang berpetualang dan menikmati keindahan alam. Selain itu, di tempat ini terdapat sebuah danau, yaitu Danau Caracas yang dapat digunakan sebagai arena memancing.

Published on: June 13, 2016

Views: 3158

Tags: , ,