Terletak di ujung Jawa timur, Pacitan terkenal dijuluki 1001 Goa dengan pesona wisata goanya yang menakjubkan. Namun, tidak hanya goa yang terdapat di kabupaten tersebut, ada banyak tempat wisata lainnya yang tak kalah menarik. Berikut adalah 5 tempat wisata di Pacitan yang terkenal.

1. Goa Gong

Goa-Gong-Pacitan

Terletak di sebelah barat Pacitan, Goa Gong adalah salah satu goa yang terkenal dari beberapa tempat wisata di Pacitan. Goa ini terletak cukup dalam di antara goa-goa yang berada di sekitarnya. Diberi nama Goa Gong karena di dalam goa ini terdapat sebuah batu yang apabila dipukul akan berbunyi seperti sebuah gong saat ditabuh.

2. Pantai Klayar

pantai klayar

Pantai Klayar, sebuah pantai dengan hamparan pasir putih yang terletak di Kec. Donorejo, 60 menit ditempuh dari Pacitan. Salah satu yang unik dari pantai ini adalah adanya gugusan batu karang yang memiliki bentuk seperti Sphinx serta air mancur yang terbentuk secara alami dengan tinggi 10 meter.

3. Goa Tabuhan

goa tabuhan

Goa Tabuhan Pacitan merupakan sebuah goa di Pacitan yang memiliki karakter magis karena sering dijadikan tempat bertapa. Asal muasal nama Goa Tabuhan sendiri berasal dari kata tabuh, yang berarti membunyikan. Di dalam sudut goa terdapat kumpulan stalagtit yang dapat menghasilkan beberapa tabuhan bagaikan musik gamelan. Itulah sebabnya goa ini bernama Goa Tabuhan.

4. Goa Luweng Jaran

goa luweng jaran

Goa Luweng Jaran memang belum begitu terkenal seperti Goa Gong dan Goa Tabuhan, namun goa ini mampu memberikan Anda petualangan menuju perut bumi. Goa Luweng Jaran memiliki lorong yang sangat panjang dan dapat terhubung dengan goa lainnya. Menurut kabar, panjang lorong goa ini mencapai 48 kilometer. Sepanjang goa terdapat pemandangan berupa ornamen-ornamen unik yang terbentuk secara alami.

5. Pantai Buyutan

pantai buyutan

Pantai Buyutan adalah salah satu pantai indah yang ada di Pacitan. Letaknya agak tersembunyi karena berada di balik tebing. SUasananya yang masih sunyi dan jauh dari hingar bingar mampu membius siapapun dengan pesonanya. Di pantai ini terdapat batu-batu karang berukuran besar dengan berbagai bentuk, mulai dari yang berbentuk perahu hingga berbentuk mahkota.

Published on: April 27, 2016

Views: 2346

Tags: , , , , ,