Liburan ke mana pun rasanya tak lengkap tanpa berbelanja. Begitu juga saat liburan ke Yogyakarta, terlebih lagi kota ini memiliki kesenian dan kerajinan tangan yang khas. Pastinya Anda akan senang berbelanja oleh-oleh khas Yogyakarta. Tak perlu pergi bingung untuk mencari pernak pernik tersebut, beberapa tempat ini direkomendasikan bagi Anda yang gemar untuk wisata belanja

1. Malioboro

Siapa yang tak kenal Malioboro? Kawasan ini sudah dikenal sebagai surga belanja di Yogyakarta. Di sepanjang jalan Malioboro Anda dapat menemukan pedagang-pedagang yang menjual berbagai barang khas Yogyakarta, seperti kerajinan tangan, tas, kaus khas Yogyakarta, batik, aksesoris dengan harga yang murah apalagi jika Anda pintar menawar harganya.

2. Pasar Beringharjo

Masih berada di kawasan Malioboro, terdapat pasar yang telah berdiri selama berabad-abad, yaitu Pasar Beringharjo. Hampir semua barang terdapat di pasar ini, mulai dari berbagai aneka batik, jajanan pasar, souvenir, barang antik, hingga lukisan kanvas. Semua barang yang dijual di sini pun terbilang ramah kantong.

3. Desa Wisata Kasongan

Desa Kasongan merupakan desa wisata yang terkenal memproduksi kerajinan gerabah atau keramik. Di sini Anda dapat menemukan benda-benda hasil kerajinan tangan keramik, seperti guci, pot, hiasan dinding, atau souvenir. Tidak hanya itu, Anda juga dapat melihat langsung proses pembuatan kerajianan tersebut.

4. Pasar Seni Gabusan

Di Pasar Seni Gabusan, Anda dapat menemukan bermacam-macam barang seni dan juga kerajinan khas Yogyakarta, mulai dari kerajinan gerabah, logam, hingga bambu. Semua barang yang dijual di sini telah dikelompokan berdasarkan blok dan losnya sehingga Anda tak perlu bingung mencari barang kerajinan yang diinginkan.

5. Desa Wisata Manding

Terletak di Bantul, Desa Manding merupakan desa penghasil kerajinan kulit. Di desa ini terdapat sekitar 40 showroom yang menjual berbagai produk kerajinan kulit, seperti jaket, sepatu, sandal, tas, ikat pinggang, dompet, dan bemacam-macam aksesoris dengan harga murah namun bermutu bagus. Selain bisa mendapatkan harga yang lebih murah, Anda juga dapat melihat langsung proses pembuatan kerajinan kulit.

Published on: July 23, 2016

Views: 6969

Tags: , , , , ,