Berlibur ke Bali tanpa membeli oleh-oleh rasanya kurang sempurna. Karena Bali sendiri memang terkenal memiliki pusat perbelanjaan yang ramai dikunjungi para wisatawan. Bagi Anda yang ingin berbelanja di Bali namun tidak ingin merogoh kocek yang banyak, berikut rekomendasi tempat-tempatnya.

Pasar Sukawati, Gianyar

Terletak di Desa Sukawati, Gianyar, Pasar Sukawati dikenal sebagai pasar seni terbesar di Bali. Anda dapat menjumpai berbagai macam pakaian dan barang kesenian khas Bali. Berbelanja di sini, Anda harus pintar menawar harga barang yang dijual karena biasanya pedagang akan menawarkan harga yang agak mahal pada awalnya.

Pasar Ubud

Pasar Ubud, menjual berbagai barang kebutuhan sehari-hari dan juga barang seni dengan harga yang murah namun berkualitas bagus. Terdapat juga beragam jajanan pasar dijual di sini. Sebelum membeli, sebaiknya menjelajahi terlebih dahulu pasar yang tergolong luas ini. Jangan lupa juga untuk menawar harga barang yang akan Anda beli.

Pasar Badung, Denpasar

Pasar Badung merupakan pasar tradisional terbesar dan terlengkap di Bali. Terdapat berbagai macam barang tersedia di pasar ini, mulai dari barang kebutuhan pokok sehari-hari, alat keperluan upacara adat Bali, hingga souvenir untuk oleh-oleh. Pasar ini menetapkan harga grosir, jadi semakin banyak Anda membeli barang, semakin murah pula harganya.

Pasar Kumbasari

Pasar Kumbasari juga terkenal sebagai pasar yang menjual dengan harga grosir, semakin banyak membeli barang maka semakin murah harganya. Di pasar ini, Anda bisa membeli pakaian dan aksesoris khas Bali, anyaman bambu, hingga patung dan ukiran. Biasanya kios-kios yang menjual souvenir di daerah Kuta dan sekitarnya, banyak membeli barangnya dari Pasar Kumbasari. Pasar ini masih satu kawasan dengan Pasar Badung.

Pasar Guwang

Lokasinya tak jauh dari Pasar Sukawati, namun pasar ini kurang populer dibanding Pasar Sukawati. Padahal pasar ini terkesan lebih rapi dibanding Pasar Sukawati. Pasar Guwang menyediakan beragam jenis oleh-oleh khas Bali, seperti kaus barong khas Bali, kaus bertuliskan Bali, sendal manik-manik, aksesoris gelang, kalung, tas, hingga lukisan.

Published on: July 9, 2016

Views: 5904

Tags: , ,