Taman nasional merupakan sebuah kawasan yang dilindungi oleh pemerintah yang dimaksudkan untuk menjaga kelestarian alam. Sebagai negara tropis yang memiliki keindahan alam yang berlimpah, Indonesia memiliki sekitar 50 taman nasional yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Berikut adalah 5 taman nasional yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi.

1.Taman Nasional Komodo

TN Komodo

Taman Nasional Pulau Komodo terdiri dari 3 pulau utama yaitu Komodo, Rinca dan Padar serta 26 pulau lainnya di sekitarnya. Pulau Komodo telah ditetapkan sebagai New 7 Wonders of Nature sejak tahun 2013. Di taman nasional ini terdapat padang savana yang cukup gersang yang menjadi habitat hewan komodo. Selain komodo, satwa lain yang dapat ditemui di sini adalah rusa, babi hutan, ajag, kuda liar, kerbau liar, dan berbagai jenis penyu, lumba-lumba, paus dan duyung.

2. Taman Nasional Way Kambas

TN Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas merupakan pusat konservasi gajah terbesar di Indonesia. Taman nasional yang terletak di Lampung ini tidak hanya melindungi gajah Sumatera saja, namun ada juga penangkaran badak Sumatera, orang utan Sumatera, harimau Sumatera dan satwa lainnya. Di Way Kambas terdapat Pusat Latihan Gajah, dimana gajah-gajah liar dilatih untuk dijadikan gajah tunggang, gajah atraksi, maupun gajah pengangkut kayu atau pembajak sawah.

3. Taman Nasional Baluran

TN Baluraan

Terletak di Situbondo, Taman Nasional Baluran merupakan salah satu taman nasional terindah yang ada di Indonesia. Dengan luas sekitar 300 hektar, Baluran memiliki padang savana terluas di Pulau Jawa. Padang savana ini merupakan rumah bagi berbagai satwa liar, seperti banteng, rusa, macan tutul, monyet, dan berbagai jenis burung. Dengan dilatari Gunung Baluran yang mirip dengan Gunung Kilimanjaro di Afrika, tak heran jika taman nasional ini kerap dijuluki African van Java.

4. Taman Nasional Gunung Leuser

TN Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan salah satu yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar biosfir. Taman nasional yang terletak di perbatasan propinsi Aceh dan Sumatera Utara ini merupakan perwakilan tipe ekosistem hutan pantai, dan hutan hujan tropika dataran rendah sampai pegunungan. Di taman nasional ini, Anda dapat menemukan berbagai macam hewan, seperti orangutan Sumatera, badak Sumatera, gajah Sumatera hingga beruang madu hidup secara bebas dan liar.

5. Taman Nasional Bali Barat

shutterstock_100074014

Sesuai namanya, Taman Nasional Bali Barat adalah taman nasional yang terletak di ujung barat Pulau Bali. Taman nasional ini terdiri dari beberapa vegetasi yaitu hutan mangrove, hutan pantai, savana, pantai berpasir, dll. Terdapat pula beberapa spesies dan satwa langka, seperti burung jalak bali dan burung pesolek yang menjadi primadona di tempat ini. Selain itu, kijang, luwak, trenggiling, dan kancil juga dapat ditemui di taman nasional ini.

Published on: June 17, 2016

Views: 13571

Tags: , , , , , ,