Musim semi di Jepang identik dengan bunga sakura yang bermekaran. Salah satu cara warga Jepang untuk menikmati keindahan bunga sakura yang hanya sekali setahun bermekaran ini adalah dengan melakukan festival hanami (melihat bunga). Bagi Anda yang tertarik untuk melihatnya, berikut adalah spot-spot terbaik di Jepang untuk menikmati bunga sakura.

1. Himeji Castle

Himeji Castle_268883144

Mulai dibuka kembali sejak tahun lalu setelah direnovasi selama kurang lebih 5 tahun, Himeji Castle merupakan tempat yang sangat indah untuk melihat bunga sakura. Kastil terbesar di Jepang dan juga termasuk dalam warisan budaya UNESCO ini telah beberapa kali mengalami kebakaran, perang, dan gempa bumi, namun masih tetap bertahan. Suasana kastil yang masih asli serta dikelilingi oleh ratusan pohon ceri membuat tempat ini menjadi salah satu spot hanami terbaik di Jepang.

2. Hanamiyama Park

Hanamiyama Park_386044957

Hanamiyama, yang secara literal berarti Gunung Hanami atau gunung untuk melihat bunga, adalah sebuah taman yang terletak di area lembah di luar prefektur Fukushima. Di taman ini terdapat pohon ceri dengan bermacam-macam jenis. Pada saat musimnya Sakura berbunga, lembah ini akan dipenuhi oleh bunga Sakura yang berwarna-warni. Gunung Azuma yang menjadi latarnya menjadikan pemandangan di sini semakin indah dan romantis.

3. Hirosaki Castle

shutterstock_398824492 (1)

Hirosaki Castle menempati urutan ketiga sebagai tempat terbaik untuk menikmati bunga sakura. Kastil yang terdapat di prefektur Aomori ini memiliki lebih dari 2500 batang pohon ceri dengan varian bunga Sakura yang ada di kastil ini lebih dari 80 varietas. Tak heran jika pada akhir April setiap tahunnya, kastil ini berubah menjadi pink wonderland. Para wisatawan dapat menikmati bunga sakura sambil piknik atau sambil bersantai di atas perahu yang disewakan.

4. Shinjuku Gyoen

Shinjuku Gyoen_237619519

Terletak di tengah kota Tokyo, Shinjuku Gyoen adalah taman luas yang sangat cocok untuk piknik sambil menikmati bunga sakura. Di taman ini terdapat sekitar 1.300 pohon ceri yang terdiri dari beragam jenis dan warna, ada yang berwarna putih, kuning, dan merah muda. Keunggulan taman ini adalah musim sakura di sini lebih lama dibanding di kota lainnya karena dari ribuan pohon ceri yang ada di taman ini memiliki waktu mekar yang berbeda-beda.

5. Meguro River

Meguro River_310072439

Meguro River atau Sungai Meguro juga menjadi spot terindah untuk menyaksikan bunga sakura di Jepang. Terdapat sekitar 800 pohon ceri berjejer di sepanjang Sungai Meguro antara Meguro dan Ikejiri. Menikmati bunga sakura di tempat ini lebih cocok sambil berjalan-jalan ketimbang dengan piknik karena tidak banyak tempat kosong. Pemandangan terbaik adalah saat malam hari, terutama saat angin menerpa pepohonan dan kelopak lembut sakura jatuh ke sungai membentuk aliran merah muda nan cantik.

Published on: April 5, 2016

Views: 5314

Tags: , , ,