Wah, sekarang kita telah berada di bulan Desember ceria, yang identik sekali dengan semangat perayaan Natal dan Tahun Baru. Biasanya perayaan Natal itu identik dengan melakukan peribadatan di gereja, kemeriahan bersama keluarga dan pohon Natal. Tapi ada juga cara dan tradisi dalam masyarakat untuk merayakan Natal. Itulah yang membuat Natal terasa berbeda walaupun memberikan makna yang sama bagi setiap yang merayakannya. Namun bagaimana dengan tradisi lainnya yang terkesan unik atau aneh bagi satu Negara tapi tidak di Negara lainnya. Nah, ini dia tradisi dari 5 Negara, antara lain:

1. Jepang.

“Makan Ayam Goreng KFC Pada Malam Natal”

1 Jepanga

Mayoritas masyarakat Jepang memeluk agama Shinto. Persentasi pemeluk agama Kristiani di Jepang sangat sedikit, bahkan mendekati angka 0. Di sini, uniknya pada saat Natal tiba, seluruh masyarakat merayakan Natal dengan cara yang sama yaitu memakan ayam goreng KFC, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Ya, jangan kaget lho, tradisi memakan ayam KFC bermula sejak tahun 1947, saat KFC mengeluarkan iklan dengan slogan “Kentucky For Christmas!”. Nah, menu ini menawarkan paket ayam dan wine. Tapi ternyata iklan tersebut mampu meraup perhatian warga lokal dan menjadi tradisi hingga saat ini.

2. Irlandia

Sudah menjadi tradisi bagi keluarga di Negara ini untuk meninggalkan pie daging cincang dan minuman Guinness Ale sebagai kudapan untuk santa.

3. Venezuela

“Bersepatu Roda ke Gereja”

3 venezuelaa

Di ibu kota ini, terdapat suatu cara perayaan Natal yang tidak akan kalian temukan di Negara lain. Nah, masyarakat Venezuela lebih memilih untuk bersepatu roda ke gereja daripada berjalan kaki. Adapun saat bersepatu roda, mereka menyalakan kembang api sambil berseru “Yesus Lahir!”

4. Italia

“ Nenek Sihir Befana”

4 Befanaa

Di Negara ini saat perayaan Natal, anak-anak di Negeri Pizza tersebut lebih mengenal nenek sihir daripada sosok Sinterklas. Nenek sihir yang dimaksud adalah Befana. Ia bertugas layaknya Sinterklas yang memberikan kado bagi anak-anak saat Natal, cara untuk memberikan kado pun juga mirip Santa, yaitu melalui cerobong asap. Nah, sebagai gantinya, masyarakat Italia akan membawakan makanan dan minuman untuk Befana.

5. Ukraina

“Hiasan Natal Berupa Sarang Laba-laba di dinding”

5 Sarang labalabaa

Tradisi ini berawal dari legenda janda miskin di Ukraina yang tak mampu menghias pohon Natal di rumahnya. Keajaiban terjadi ketika anak-anaknya terbangun di pagi Natal. Pohon di rumah mereka tertutupi sarang laba-laba yang tampak berkilau perak dan keemasan tertimpa sinar matahari pagi.

Wah, unik dan menarik, ya. Bagaimana denganmu, apa keluargamu punya tradisi Natal unik tersendiri?

Published on: December 16, 2018

Views: 2331