Sebentar lagi seluruh dunia akan merayakan IMLEK, tentu saja ini adalah momentum yang selalu dinantikan. Tentunya, mengunjungi beberapa tempat ini juga merupakan pengalaman yang kalian harus coba. Berikut adalah 5 perayaan Imlek terbesar di Dunia :

Sydney

FEBRUARY 8: Visitors stroll by trees decorated with red lanterns for the upcoming Chinese New Year celebrations on February, 10, at Ditan Park in Beijing. (Andy Wong/Associated Press)

Dengan lebih dari 80 acara yang bisa dipilih, Sydney sudah pasti adalah kota dengan acara Tahun Baru China terbanyak di Australia. Perayaan Imlek di Sydney akan dimulai pada 8 Februari hingga dua pekan setelah Imlek berlalu.

Pada pekan pertama akan ada pameran, eksibisi dan pasar malam. Kemudian, pada pekan kedua akan ada turnamen perahu naga yang diikuti oleh 3000 pendayung dari seluruh dunia.

Di pertengahan acara-acara ini akan ada Parade Twilight, dimana 3.500 warga dan wisatawan akan menyinari Sydney mulai dari Town Hall hingga ke Chinatown pada 17 Februari. Jalanan kota akan dipenuhi dengan musik, lampion terbang dan juga kembang api.

Singapore

cny singapore

Pusat perayaan Imlek di Singapura tentu saja berada di area Chinatown. Anda dapat melihat pasar malam yang sudah ada di Chinatown, bahkan sejak dua pekan sebelum Imlek. Pasar ini menawarkan makanan, buah-buahan, bunga, dan dekorasi rumah untuk memeriahkan Imlek.

Saat Imlek, Istana Presiden Singapura turut dibuka untuk umum, pada pukul 08.30 hingga 18.00. Biaya masuknya gratis, dan Anda dapat melihat pertunjukan barongsai dalam kediaman resmi Presiden Singapura ini.

Imlek di Singapura juga dirayakan dengan Festival Sungai Hongbao, yang diselenggarakan di Marina Bay dan di depan Esplanade. Festival ini menampilkan makanan khas China dan hiasan-hiasan bertema Imlek dalam ukuran besar.

London

cny london

Parade Imlek di London berpusat di Trafalgar Square, tempat wisata terkenal kota ini. Pesta ini diselenggarakan oleh Asosiasi Pecinan London dan komunitas China lokal. Diharapkan sekira 250 ribu orang datang ke sini.

Pembukaan pesta Imlek di Trafalgar Square ini akan diisi dengan pertunjukan akrobat, barongsai, kembang api, serta petasan di pagi hingga siang hari. Kemudian, menjelang malam, perayaan Imlek beralih ke Pecinan. Dengan lampion warna-warni dan dekorasi khas Imlek, jalanan ini menjadi lebih meriah.

Hongkong

imgpsh_fullsize_small

Bagi Hongkong, Imlek adalah salah satu momen paling penting dalam agendanya setiap tahun. Di Hong Kong ada sekira 600 kuil tradisional, namun biasanya yang ramai untuk perayaan Imlek adalah Kuil Wong Tai Sin dan Biara Polin. Saat Imlek di Hong Kong, salah satu yang paling ramai adalah Festival Sumur Permohonan. Dalam festival ini, pengunjung akan pergi ke Lam Tsuen untuk menerbangkan lampion permohonan yang berisi permohonan di tahun yang baru.

Acara terbesar saat Tahun Baru China adalah Parade Malam Tahun Baru yang dilakukan di Tsim Sha Tsui, area tepi sungai di Hong Kong yang terkenal dengan panorama gedung-gedung pencakar langit kota ini. Parade ini akan diramaikan dengan tari barongsai, liong, dan pesta kembang api yang meriah saat malam Tahun Baru.

San Fransisco

cny san fransisco

Kota San Fransisco di Amerika Serikat mengklaim bahwa perayaan Imlek di sana selama dua pekan adalah yang terbesar di luar Asia. Tak heran, San Fransisco memang memiliki Pecinan terbesar di dunia.

Yang harus dikunjungi saat merayakan Imlek di kota ini adalah Pameran Bunga Imlek. Pameran ini ramai dipenuhi keluarga-keluarga keturunan Tionghoa yang membeli bunga untuk mendekorasi rumahnya. Pameran ini diselenggarakan pada 2 Februari, sepekan sebelum Tahun Baru China.

Yang juga tak boleh dilewatkan adalah Pemilihan Miss Chinatown USA. Ini adalah kontes kecantikan yang mencari perempuan-perempuan keturunan Tionghoa di seluruh Amerika Serikat. Nantinya, pemenang kontes ini akan dikirim menjadi Miss Asia.

Acara utama dari perayaan Imlek di San Fransisco adalah Parade Imlek. Anehnya, parade ini tidak diselenggarakan pada hari Tahun Baru, melainkan pada 23 Februari. Parade ini menampilkan tari barongsai, lion, arak-arakan, dan berbagai pertunjukan budaya.

Lihat harga terbaik yang ditawarkan oleh Panorama Tours dengan klik http://bit.ly/1BEVQOD

Published on: February 3, 2016

Views: 1159

Previous article:
Next article: