Pulau Sumba sangat terkenal sebagai destinasi wisata yang sangat indah untuk budaya dan alam. Dan juga mempunyai tradisi yang unik, seperti kubur batu, bellis, dan pasola. Nah, untuk kulinernya sendiri juga mempunyai khas yang cukup sederhana dengan penggunaan bumbu dan bahan yang cukup. Ya, walaupun kuliner Sumba ini memang tidak terlalu terkenal, dibanding pulau tetangga seperti Flores dan Timor. Kalian pasti penasaran kan? Ini dia 5 kuliner enak khas Sumba yang harus kalian cobain:

1. Sup Ayam Waingapu

Makanan ini harus banget kalian cobain, apalagi bagi kalian yang suka banget sama hidangan ayam. Tidak tanggung-tanggung lho, langsung satu ekor dan ditambah disiram dengan sup kaldu yang gurih, dicampur irisan tomat, dan belimbing wuluh. Bagi kalian yang sekali cobain, pasti kalian ketagihan!

2. Ka’pu Pantunnu

Nah ini dia makanan favorit masyarakat Sumba, olahan tersebut dibikin jantung pisang, dan yang bikin uniknya lagi didalamnya ada sayur rumpu rampe. Jantung pisang ini dipotong kecil-kecil lalu dibakar, dan dicampur kelapa panggang. Wanginya sangat khas apalagi ditambah potongan daun kemangi.

3. Jagung Titi

Jagung ini dimasak dengan cara digoreng, tapi tanpa minyak lho. Jadi bagus banget nih untuk kesehatan. Cita rasa dari jagung titi ini sangat mirip dengan popcorn.

4. Kaparak

Makanan ini juga dibuat dengan olahan jagung, tapi bedanya jagung ini ditumbuk kemudian digoreng dengan tehnik pengolahan sangrai dan dicampur juga dengan kacang tumbuk, kelapa, dan gula pasir.

5. Ro’o Luwa

Ro’owo Luwa ini merupakan sejenis bubur dengan bahan daun ubi atau singkong. Daun singkong ini ditumbuk, setelah itu direbus bersama santan dan beragam bumbu lainnya. Nah untuk lebih sedapnya lagi, makanan ini ditambah lagi dengan bahan lainnya, seperti beras yang berbarengan ditumbuk.

Wah, itu dia 5 makanan khas Sumba. Gimana? Penasarankan? Yuk, bagi kalian yang mau cobain makanan ini, berkunjunglah ke Sumba, banyak loh tiket dan hotel promo di Panorama JTB Tours.

Published on: April 14, 2019

Views: 33592