Kota Solo tidak hanya memiliki pemandangan dan objek wisata yang indah. Kota ini juga memiliki makanan tradisional yang lezat. Berikut adalah makanan tradisional khas Solo yang wajib dicicipi saat berkunjung ke kota ini.

Serabi

serabi-solo

Serabi adalah makanan sejenis kue tradisional berbenyuk bulat dan memiliki rasa yang manis. Serabi atau srabi terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa dan dimasak di atas arang tanpa menggunakan minyak, sehingga agak sedikit gosong.

Nasi Liwet

Satu lagi makanan enak khas Solo yaitu Nasi liwet. Sebenarnya nasi liwet tidak berbeda jauh dengan nasi-nasi lainnya. Namun yang istimewa adalah isinya dan rasanya. Dalam satu porsi nasi liwet terdapat telur, irisan ayam, sayur labu siam (weloh), dan kuah khas nasi liwet (areh). Untuk menyajikannya, biasanya para pedagang menggunakan piring bambu yang lapis dengan daun pisang.

Tengkleng  

Tengkleng-Kambing-Sedap-Mantap-tokomesin

Tengkleng adalah makanan khas Solo, Jawa Tengah. Makanan ini lebih dikenal dengan nama tengkleng kambing karena bahan utama yang digunakan adalah daging kambing. Mungkin sekilas mirip dengan gulai kambing, namun sebenarnya sangatlah berbeda. Jika gulai berkuah kental, karena menggunakan santan yang cukup banyak, tengkleng kambing Solo memiliki kuah yang lebih encer. Daging dan tulang kambing sekaligus digunakan untuk bahan utama tengkleng.

Selat Segar Solo

selat segar

Selat segar solo adalah salah satu makanan khas di kota Solo. Selat Solo sebenarnya adalah sejenis steak yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki rasa yang pas dengan lidah orang Jawa. Isinya terdiri dari daging sapi yang di iris agak tipis kemudiandimasak seperti memasak semur. Isian lainnya seperti kentang goreng, buncis rebus, wortel iris rebus, potongan tomat segar, daun slada dan acar timun.

Timlo

Timlo adalah sejenis sup yang dilengkapi dengan kembang tahu, telur dan daging ayam atau sapi sebagai pengisinya. Timlo lebih enak disajikan saat masih hangat.

Published on: December 13, 2016

Views: 2322

Tags: ,