Musim semi di Jepang identik dengan bunga sakura yang bermekaran, hanami, dan minum teh hangat. Cuaca hangat nan segar menjadi penanda berakhirnya musim dingin. Musim semi yang bagi orang Jepang adalah musim yang sangat penting dan dipercaya sebagai awal yang baru. Ada beberapa makanan khas yang patut dicoba saat musim semi untuk membangkitkan semangat baru, berikut daftarnya.

1. Ichigo

Ichigo_219259222

Bisa dikatakan musim semi adalah musimnya stroberi di Jepang. Stroberi atau ichigo dalam bahasa Jepang akan banyak ditemui di supermarket pada musim ini. Salah satu aktivitas favorit orang Jepang saat musim semi adalah memetik langsung stroberi segar dari rumah kaca. Kegiatan ini dinamakan ichigo kari dalam bahasa Jepang.

2. Ichigo Daifuku

Ichigo daifuku_363670589

Ichigo Daifuku adalah sebuah makanan manis khas Jepang yang terbuat dari dari tepung beras dan kacang azuki merah atau putih yang manis lalu disisipkan buah stroberi di dalamnya. Makanan ini adalah makanan tradisional Jepang yang sangat terkenal dan sangat cocok disajikan dengan teh hijau khas Jepang.

3. Sakura Mochi

Sakura Mochi_382469953

Sakura Mochi adalah salah satu kue tradisional Jepang yang biasa disajikan saat musim semi tiba. Kue ini dibuat dari mochi (terbuat dari tepung beras dan air) yang diisi dengan pasta kacang merah yang manis kemudian dibungkus oleh daun sakura yang telah diasinkan. Warna merah muda kue mochi ini berasal dari selai stroberi. Kue ini sangat pas dinikmati dengan teh hijau atau matcha.

4. Umeboshi Onigiri

Onigiri_205024804

Saat musim semi, tidak hanya bunga sakura yang bermekaran namun juga buah plum. Buah plum juga bisa dijadikan panganan saat musim semi. Buah plum Jepang atau yang dikenal dengan ume bisa dimakan dengan dibuat sebagai acar atau umeboshi dengan rasa asam dan asin yang biasanya dinikmati sebagai isian nasi kepal.

5. Takenoko Gohan

Takenoko Gohan_188519015

Takenoko atau rebung bambu biasa dijadikan sebagai campuran panganan pada musim semi, salah satunya adalah takenoko gohan atau nasi rebung bambu. Rebung bambu yang telah direbus dan dipotong-potong akan dimasak bersama nasi, jamur, dan tahu goreng dengan mencampurkan bumbu-bumbu seperti kecap manis, gula, sake, dan bumbu ikan.

Published on: April 6, 2016

Views: 9890

Tags: , , , , , ,