Tidak hanya memiliki tempat wisata yang indah dan menarik, Belanda ternyata juga memiliki makanan khas yang lezat dan sayang untuk dilewatkan. Apa sajakah makanan-makanan tersebut? Berikut adalah daftar makanannya.

1. Stamppot

Stamppot_309954590

Stamppot merupakan salah satu makanan khas Belanda yang paling terkenal. Stamppot terbuat dari kentang yang direbus dan ditumbuk (mashed potatoes) dan dicampur dengan beberapa sayuran hijau dan wortel. Umumnya disajikan saat masih panas dan disantap bersamaan dengan sosis besar yang bernama rookworst. Sangat cocok dinikmati saat musim dingin.

2. Hutspot

Hutspot_194270729

Hutspot adalah makanan khas Belanda yang biasa disajikan sebagai makanan rumah saat menjamu tamu. Hutspot terbuat dari daging sapi yang dipotong dadu dan dicampur dengan berbagai macam sayuran, antara lain buncis, brokoli, kentang, dan wortel. Cara pembuatannya cukup mudah dan rasanya sangatlah lezat.

3. Waterzooi

Waterzooi_420898867

Waterzooi, salah satu makanan khas Belanda yang berbentuk sup ini sangat pas dinikmati saat musim dingin. Awalnya sup ini berbahan dasar daging ikan, namun saat ini terdapat juga sup dengan berbahan dasar daging ayam. Sup ini memiliki campuran sayuran juga di dalamnya dan dapat dicampur dengan sajian roti khas Belanda jika Anda menyukainya.

4. Erwtensoep

Erwtensoep_171276833

Erwtensoep atau sup ercis adalah salah satu jenis sup khas Belanda yang terbuat dari kacang ercis. Tidak hanya kacang ercis saja, sup ini juga berisi campuran bahan-bahan lain, seperti kentang, daging sapi, prei, dan wortel. Sup ini memiliki tekstur yang hampir sama dengan bubur dan sangat pas dinikmati saat udara dingin.

5. Olliebollen

Olliebollen_216163

Olliebollen adalah semacam roti goreng atau donat goreng khas Belanda yang berisi kismis, potongan apel, dan di atasnya diberi topping icing sugar. Makanan ini biasanya terdapat sering ditemui pada musim gugur, musim dingin, dan malam pergantian tahun baru.

Published on: August 16, 2016

Views: 11936

Tags: , ,