Kota Yogyakarta kini tengah naik daun dan menjadi salah satu tempat favorit wisatawan untuk berlibur. Terlebih lagi setelah dijadikan tempat syuting film AADC 2. Ternyata, banyak tempat wisata eksotis dan romantis yang dapat menjadi inspirasi Anda saat liburan ke Yogyakarta. Ingin menapak tilas tempat-tempat romantis yang menjadi lokasi syuting AADC 2? Berikut adalah tempat-tempatnya.

1.Istana Ratu Boko

Candi Ratu Boko_67932571

Istana Ratu Boko merupakan kompleks bekas istana yang luasnya mencapai 250 ribu meter persegi. Namun, saat ini hanya tinggal beberapa bangunan saja. Istana yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-8 ini terdiri dari gapura utama, candi pembakaran, lapangan, kolam, pendopo, paseban, hingga gua. Istana ini menjadi salah satu tempat yang menyajikan pemandangan senja terbaik di Yogyakarta.

2. Pojok Beteng

Pojok Beteng3

Pojok Beteng adalah bangunan yang berada di setiap sudut Keraton Yogyakarta. Mulanya terdapat empat pojok beteng, namun saat ini hanya tersisa tiga pojok beteng. Memiliki ketinggian hingga 5 meter serta bentuk yang unik, bangunan beteng ini memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai bentuk pertahanan untuk menjaga kerajaan dan sebagai gerbang masuk dan keluar area kerajaan.

3. Punthuk Setumbu

Punthuk-Setumbu-Magelang

Punthuk Setumbu, sebuah bukit setinggi 400 mdpl yang terletak tak jauh dari Candi Borobudur. Bukit ini merupakan tempat paling tepat untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit dengan keindahan Gunung Merapi sebagai latarnya. Dari Punthuk Setumbu juga dapat menikmati kemegahan Candi Borobudur dari ketinggian.

4. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis_358365842

Terletak di sebelah selatan kota Yogyakarta, Pantai Parangtritis adalah salah satu tempat terbaik di Yogyakarta untuk menyaksikan matahari terbenam sambil berjalan menyusuri pantai. Bagi yang suka berpetualang, dapat menyewa ATV dan melintasi gundukan pasir pantai. Jika ingin melihat keseluruhan area Pantai Parangtritis dan laut selatan, Anda dapat naik ke Tebing Gembirawati.

5. Makam Panembahan Senopati

makam raja panembahan senopati

Yogyakarta memang dikenal memiliki berbagai peninggalan sejarah Indonesia, salah satunya adalah Makam Panembahan Senopati. Panembahan Senopati adalah raja Mataram Islam yang pertama. Di Kotagede ini, raja Mataram tersebut dimakamkan. Kompleks makamnya dikelilingi tembok besar dan kokoh dengan pintu gapura yang masih memiliki ciri arsitektur budaya Hindu. Salah satu hal yang unik, jika ingin memasuki area makam para pengunjung diharuskan memakai busana adat Jawa.

Published on: June 16, 2016

Views: 3266

Tags: , , , , , ,