Dikelilingi seluruhnya oleh air dan sangat kaya akan pulau dan terumbu karang, Australia adalah negeri impian para penyelam.  Lautan di Australia memiliki harta karun kehidupan bahari yang berlimpah, dengan lebih dari 4.000 spesies ikan dan keanekaragaman rumput laut yang terbanyak di dunia.  Australia memiliki spot penyelaman terbaik, di antaranya adalah:

  1. Great Barrier Reef, Queensland

great barrier reeff

Great Barrier Reef, terumbu karang ini membentang lebih dari 2.000 kilometer di sepanjang pantai Queensland, mulai dari Cape York sampai Bundaberg. Temukan surga menyelam di Pulau Heron dan Lizard. Atau bermalam di Whitsundays dan naik pesawat amfibi ke terumbu karang Heart Reef yang spektakuler. Pasang sepatu selam Anda dan jelajahi ngarai-ngarai karang yang penuh dengan penyu, bintang laut dan kepiting di Lady Musgrave Island dan Fitzroy Lagoon dekat Gladstone.

  1. Ningaloo, Australia Barat

Taman Bahari Ningaloo merupakan rumah bagi 200 spesies kerang keras, 50 karang lunak dan lebih dari 500 spesies ikan.  Anda dapat snorkeling dan melihat berbagai ikan warna-warni di cagar alam terumbu karang Bundegi Bombies. Temukan lokasi selam di terumbu karang yang spektakuler dan kehidupan bahari yang gemerlap di Murion Islands.  Bahkan jika Anda menyelam antara bulan April dan Juni, Anda dapat melihat dari dekat hiu paus yang merupakan ikan terbesar di dunia.

  1. Mornington Peninsula, Victoria

portsea vic

Taman Bahari Port Phillip Heads, dunia bahari yang ajaib ini berlokasi di Semenanjung Mornington, hanya satu jam berkendara dari Melbourne.  Anda dapat menyelam bersama ikan pari berduri, kuda laut, sotong, cumi-cumi, landak laut, ikan kod batu dan naga laut rumput.  Temukan pesona aneka ikan, burung dan juga anjing laut di cagar alam mungil Popes Eye. Anda juga dapat belajar selam di Portsea Pier dan temukan warna-warni ragam ikan di jalur sekitar Rye Pier.

  1. East Coast Dive Trail, Tasmania

Kunjungi 11 lokasi selam yang spektakuler di sepanjang pantai timur Tasmania, mulai dari Binalong Bay sampai Tasman Peninsula.  Perairan hijau-biru yang jernih ini memiliki daya pandang antara 10 sampai 40 meter.  Saksikan kuda laut berperut besar dan naga laut rumput saat menyelam di tepi pantai Waubs Bay, di dekat Bicheno. Berenang melewati gua-gua mempesona di Isle de Phoque, yang juga merupakan rumah bagi koloni besar anjing laut.

  1. Baird Bay, Australia Selatan

baird bay

Berbagai aktivitas laut yang menarik dapat dilakukan, mulai dari berenang, snorkeling atau menyelam di bawah air bersama singa laut dan lumba-lumba hidung botol yang lucu di Baird Bay yang tenang di Semenanjung Eyre.  Desa nelayan ini menjadi terkenal dengan koloni singa laut yang sudah terancam punah dan tinggal di tepi pantai laguna yang terlindung.  Saksikan dari dekat singa-singa laut yang berloncatan di air yang jernih.

source: www.australia.com

Published on: April 18, 2017

Views: 1401

Tags: , , , ,

Previous article:
Next article: