Berlibur ke mana pun tak lengkap tanpa berwisata kuliner, begitu pula saat liburan ke Yogyakarta. Kota yang romantis dan kental dengan kesenian ini memiliki bermacam kuliner khas yang lezat. Berikut adalah makanan khas Yogyakarta yang wajib dicicipi saat berkunjung ke sana.

1.Gudeg

Liburan ke Jogja belum sempurna kalau belum mencicipi gudeg asli sana. Kuliner yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan ini memang sudah sangat populer karena rasanya tak diragukan lagi. Jangan lupa untuk mencicipi semua jenisnya, ada gudeg basah, gudeg kering, dan gudeg manggar.

2.Oseng-oseng Mercon

Bagi pecinta pedas, wajib mencicipi kuliner yang satu ini. Diberi nama mercon karena begitu pedasnya sehingga terasa panas dan meledak di mulut. Oseng-oseng mercon dibuat dari campuran daging sapi, kikil, dan lemak yang dioseng-oseng dengan cabe rawit. Kuliner ini memiliki rasa yang pedas dan biasanya disantap dengan nasi putih hangat.

3.Sate Klatak

Sate klatak adalah salah satu kuliner khas Yogyakarta yang cukup unik. Jika jenis sate lain dimasak dengan bumbu yang beragam, maka daging sate klatak hanya diberi bumbu garam dan sedikit ketumbar serta dipanggang menggunakan jeruji besi. Sate klatak biasa disajikan dengan irisan mentimun, tomat, dan kol.

4.Brongkos

Brongkos atau sayur brongkos merupakan kuliner berupa sayur warisan leluhur yang masih terjaga hingga saat ini. Brongkos terbuat daro tahu, tempe, dan kacang tolo yang dipadukan dengan kuah santan kental, kaldu daging segar, dan keluwak sehingga kuahnya berwarna hitam. Makanan ini memiliki rasa yang manis, gurih dan pedas.

5.Bakmi Jawa

Bakmi Jawa adalah bakmi rebus yang dimasak dengan bumbu khas masakan Jawa. Yang membuat berbeda dari memasak bakmi lainnya adalah bakmi ini dimasak di atas anglo atau kompor tanah liat dengan menggunakan arang. Bakmi ini biasa disajikan dengan campuran ayam, kol, telur, tomat, dan memiliki kuah yang gurih.

Published on: July 3, 2016

Views: 1213

Tags: , , , , ,