Musim dingin biasanya identik dengan salju, bermain ski, dan juga hidangan khas musim dingin yang menghangatkan. Begitu pula dengan Jepang, Negeri Matahari Terbit ini memiliki beberapa kuliner khas yang identik dengan musim dingin, yang biasa dikonsumsi untuk menghangatkan bada. Berikut kuliner khas musim dingin di Jepang.

1. Yudofu

Yudofu_339224012

Yudofu atau tofu hot pot adalah sajian berupa sup tahu lembut yang dimasak di panci panas bersama dengan kuah kaldu dan juga berbagai sayuran. Yudofu biasa disajikan dengan saus ponzu atau yuzu kosho yang terbuat dari bubuk cabai dan kulit jeruk serta garam.

2. Yosenabe

Yosenabe_351981380

Yosenabe, sup tradisional khas Jepang ini berisi daging, berbagai makanan laut, dan juga sayuran yang dimasak dalam satu panci panas atau hot pot. Selain rasanya yang enak, yosenabe sangat pas untuk menghangatkan tubuh di tengah suhu yang dingin.

3. Mizutaki

Mizutaki_233516593

Sama seperti yudofu dan yosenabe, mizutaki juga merupakan hidangan sup yang dimasak dalam satu panci panas. Bedanya, mizutaki mencampurkan daging ayam, jamur, dan sedikit campuran kuah konbu (sejenis rumput laut) ke dalam rebusan panci.

4. Tori Zosui

Tori Zosui_373056253

Tori Zosui merupakan kuliner khas musim dingin berupa nasi olahan yang mirip dengan bubur. Sajian sup nasi ini akan dimasak bersama sayuran dan potongan ayam. Kuliner ini sangat pas dikonsumsi selagi masih panas. Anda juga dapat menikmatinya dengan saus ponzo dan yuzu kosho.

5. Oden

Oden_209237815

Oden adalah jajanan tradisional Jepang yang bisa dinikmati saat malam hari atau saat musim dingin. Oden terdiri dari berbagai jenis makanan, seperti bola ikan, sosis, cumi, gurita, tofu, rumput laut, dan berbagai makanan laut lainnya yang disajikan dengan kuah kaldu ikan. Oden biasa dikonsumsi untuk menemani minum sake sambil bersantai.

Rencanakan liburan musim dingin Anda di Jepang dari sekarang. Dapatkan tiket promo ANA selama bulan Agustus, untuk periode travel bulan Desember-Maret. Untuk lebih jelasnya dapat klik di sini.

Published on: August 10, 2016

Views: 10309

Tags: , , , ,