Kota Solo tidak hanya memiliki pemandangan dan objek wisata yang indah. Kota ini juga memiliki jajanan tradisional yang lezat dan dapat dijadikan oleh-oleh untuk teman dan juga keluarga. Berikut adalah jajanan tradisional khas Solo yang wajib dicicipi saat berkunjung ke kota ini.

Intip Goreng

intip goreng

Intip goreng terbuat dari kerak nasi yang dijemur kemudian digoreng. Rasa makanan ini adalah gurih dan renyah. Ada juga yang dituang dengan karamel gula Jawa yang menambah cita rasa manis oleh-oleh khas Solo yang cukup terkenal ini.

Rambak Petis

rambak petis (2)

Rambak petis adalah makanan khas Solo yang terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau yang digoreng kering. Makanan tradisional ini rasanya gurih terutama bila dimakan bersama petis, akan menambah sensasi gurih dan pedas.

Klengkam

klengkam

Klengkam merupakan makanan yang terbuat dari kentang goreng kering dengan bumbu rempah. Selain dikonsumsi sebagai makanan ringan, klengkam juga bisa dijadikan sebagai tambahan lauk pauk.

Brem Solo

brem soloo

Terbuat dari fermentasi ketan, brem memiliki rasa yang unik saat dimakan. Rasanya asam, dingin, dan lumer di mulut. Karena ada sensasi dingin, brem sangat pas dikonsumsi saat cuaca sedang panas.

Ampyang

ampyang

Ampyang adalah makanan tradisional khas Jawa, terbuat dari kacang tanah yang diberi gula jawa dan jahe. Dengan campuran bahan-bahan tersebut, ampyang memiliki rasa manis dan gurih. Makanan ini sangat cocok dijadikan untuk cemilan dan oleh-oleh.

Published on: April 17, 2017

Views: 1762

Tags: ,