Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Ajang olahraga terbesar di Asia ini akan digelar di kota Jakarta dan Palembang tahun 2018. Dalam Asian Games 2018, negara-negara Asia akan berkompetisi meraih medali dalam 39 cabang olahraga. Sejumlah fakta menarik seputar Asian Games 2018 dan Indonesia pun terkuak. Dan ini beberapa fakta menarik yang perlu kalian ketahui, seperti 5 fakta menarik berikut ini:

1. Vietnam Seharusnya Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018

Fakta unik Asian Games pertama, ternyata awalnya Vietnam-lah yang seharusnya menjadi tuan rumah Asian Games ke-18. Hanoi, Vietnam, terpilih setelah mengalahkan dua kandidat lainnya, Surabaya dan Dubai pada pemungutan suara tahun 2012. Namun, di tahun 2014, Vietnam mengundurkan diri dan Olympic Council of Asia (OCA) kemudian memilih Indonesia sebagai pengganti.

2. Keistimewaan Angka 18

Penyelenggaraan Asian Games 2018 identik dengan angka 18. Acara ini digelar tanggal 18 Agustus 2018. Keunikan bertambah jika kalian menghitung sudah beberapa kali Asian Games diadakan. Tahun 2018 nanti adalah penyelenggaraan Asian Games ke-18.

3. 45 Negara Berpartisipasi dalam Asian Games 2018

Asian Games Federation (AGF) telah mengumumkan daftar peserta Asian Games 2018. Total ada 45 negara yang turut berpartisipasi dalam pesta olahraga ini. Negara – negara peserta Asian Games 2018 ini antara lain: Afganistan, Arab Saudi, Bahrain, Bangladesh, Bhutan, Brunei, Cambodia, China, Filipina, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Iraq, Jepang, Jordan, Kazakhstan, Korea Selatan, Korea Utara, Kuwait, Kyrgyzstan, Laos, Lebanon, Macau, Malaysia, Maladewa, Mongolia, Myanmar, Nepal, Oman, Pakistan, Palestina, Qatar, Singapura, Sri Lanka, Syria, Taipei, Tajikistan, Thailand, Timor Leste, Turkmenistan, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, Vietnam, dan Yemen.

4. Jam Khusus Untuk Menghitung Mundur

Proses perhitungan mundur ada jam khusus yang dipasang di bundaran HI Jakarta dan Stadion Jakabaring, Palembang. Jam tersebut menunjukkan berapa lama jarak hari, jam, menit hingga detik antara waktu sekarang dengan pelaksanaan Asian Games 2018.

5. Kabar Gembira Untuk Gamers, Karena Permainan Ini Masuk Cabang Olahraga E-Sport.

Ada yang mengejutkan di Asian Games ini, panitia resmi mempertandingkan e-sport (electronic sports) meski masih dalam tahap pertandingan percobaan. Ke-6 games yang akan dipertandingkan adalah: Arena of Valor, Pro Evolution Soccer, League of legends, Clash Royale, Heartstone, dan Starcraft2. Jadi untuk para gamers, ayo siap-siap dukung atlet e-sport jagoanmu.

Nah, itu dia beberapa fakta unik Asian Games 2018. Sudah siapkah kalian mendukung Indonesia? Semoga para atlet kita bisa mencetak prestasi yang membanggakan, ya! Go Indonesia!

Published on: August 17, 2018

Views: 4442

Tags: