Sebelum Anda mengunjungi lokasi-lokasi film di negara lain, ada baiknya terlebih dahulu mengeksplor tempat-tempat menakjubkan di Indonesia yang juga menjadi lokasi pengambilan gambar dari film-film terkenal berikut:

1. Film Pasir Berbisik – Gunung Bromo

Pasir Berbisik_253917859
Siapa yang tak kenal dengar film yang dibintangi Dian Sastro ini? Film yang rilis pada tahun 2001 ini diakui telah menarik minat para turis domestik maupun mancanegara di kawasan Gunung Bromo dan sekitarnya. Film ini menceritakan kehidupan Daya yang diperankan Dian Sastro, yang sering menempelkan telinga di atas pasir. Ia selalu mengira pasir berbisik kepadanya. Berdasarkan film itulah, hamparan pasir yang terletak di kaki Gunung Bromo ini dinamakan Pasir Berbisik.


2. Film Denias, Senandung di Atas Awan – Papua

Wamena_147924065
Film ini mengisahkan sebuah perjalanan hidup anak kecil bernama Denias yang tinggal di pedalaman lingkungan masyarakat suku Boneo, Papua dalam menggapai cita-cita dan impiannya. Wamena dan Cartenz Pyramid adalah dua lokasi yang 
muncul dalam film Denias: Senandung di Atas Awan. Keindahan alam Papua yang ditampilkan dalam film keluaran rumah produksi Alenia tersebut secara tak langsung mempromosikan pariwisata Papua hingga menjadi tujuan favorit para traveller seperti sekarang.


3. Film 5 cm – Gunung Semeru

Gunung Semeru_286766246 

Film ini berkisah tentang 5 orang sahabat yang bersama-sama mendaki puncak tertinggi di Pulau Jawa, yaitu Gunung Semeru. Perjalanan menjelajahi Semeru yang dilakukan oleh Genta, Riani, Arial, Zafran, dan Ian membuat penikmat film tersebut sadar akan keindahan Semeru yang mempesona. Setelah film ini rilis, tak sedikit orang yang mendaki Gunung Semeru untuk menyaksikan keindahan alamnya secara langsung.


4. Film Laskar Pelangi – Bangka Belitung

Pantai Belitung_122586094
Bersamaan dengan booming-nya film Laskar Pelangi, geliat turisme di Bangka Belitung semakin aktif. Kedua pulau ini bahkan telah menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Beberapa lokasi disana “dilabeli” dengan tanda “Lokasi Film Laskar Pelangi”. Bahkan sebuah galeri dibangun untuk mengapresiasi novel dan film yang diangkat dari kisah masa kecil Andrea Hirata, di sebuah jalan di Gantong yang diberi nama Jalan Laskar Pelangi.

Published on: January 20, 2016

Views: 9643

Tags: ,