Please Enable your Javascript.

For Bookings & Enquiries
| +6221 2556 5151
For Web & Technical Assistant
+6221 2556 5199

Check In
2 Jam Sebelum Keberangkatan
Bagasi
Maksimal 20 Kg
Bagasi Kabin
Maksimal 7 Kg

TENTANG LION AIR

Lion Air adalah sebuah maskapai penerbangan Indonesia yang melayani segmentasi pasar sebagai hybrid career atau perpaduan antara maskapai penerbangan berbiaya murah (LCC) dengan maskapai medium. Maskapai ini berkantor pusat di Jakarta, Indonesia. Lion Air menyediakan penerbangan ke kota-kota di Indonesia, Singapura, Vietnam, Malaysia dan Arab Saudi. Basis utama dari maskapai penerbangan ini adalah Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta. Bandara lain yang menjadi bandara hub maskapai ini adalah Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya; Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam; Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar; Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Manado.

Berawal dari pengalaman 13 tahun di bisnis biro perjalanan Lion Tours, kakak beradik Kusnan dan Rusdi Kirana bertekad mewujudkan impian mereka untuk memiliki usaha penerbangan menjadi kenyataan. Dengan dibekali ambisi tinggi dan modal awal 10 juta dolar Amerika Serikat, secara hukum Lion Air didirikan pada bulan Oktober 1999. Pengoperasiannya sendiri baru dimulai pada tanggal 30 Juni tahun 2000 dengan menggunakan sebuah pesawat Boeing 737-200 PK-LIA yang berangkat dari Jakarta menuju Pontianak. Saat ini, Lion Air telah memiliki 5 anak perusahaan, yaitu Wings Air, Lion Bizjet, Batik Air, Malindo Airways, dan Thai Lion Air.

Wings Air merupakan sebuah maskapai penerbangan domestik yang berbasis di Jakarta yang sahamnya dimiliki oleh Lion Air. Maskapai ini mengoperasikan penerbangan domestik ke seluruh Indonesia dan dua penerbangan internasional ke Malaysia. Dua rute yang sudah dioperasikan adalah rute Medan-Penang dan Pekanbaru-Malaka.

Batik Air adalah sebuah anak perusahaan Lion Air yang berlayanan lengkap. Maskapai yang membasiskan pesawatnya di Manado ini memulai penerbangan pertamanya pada Mei 2013 dengan rute Jakarta-Manado. Armada yang dipakai adalah pesawat Boeing 737-900ER.

Malindo Airways adalah maskapai penerbangan yang berbasis di Malaysia yang merupakan perusahaan patungan antara Malaysia National Aerospace and Defence Industries (NADI) dan Lion Air dari Indonesia. Nama Malindo sendiri diambil dari gabungan nama kedua negara tersebut, Malaysia dan Indonesia.

Lion Air juga memiliki anak perusahaan penerbangan di luar wilayah Indonesia, yaitu Thai Lion Air. Maskapai bertarif rendah ini mulai beroperasi pada akhir 2013. Thai Lion Air merupakan hasil dari patungan antara maskapai asal Indonesia, Lion Air dan mitra dari Thailand.

Sedikit berbeda dari anak perusahaan penerbangan lainnya, Lion Bizjet merupakan sebuah bisnis baru yang dikembangkan oleh Lion Air yang melayani carter pesawat jet dengan layanan selama 24 jam. Pesawat siap berangkat 3 jam setelah waktu pemesanan. Pesawat jet yang digunakan oleh Lion Bizjet ini adalah Hawker Beechcraft 900XP dengan memiliki kapasitas 8 tempat duduk.

Sebagai salah satu perusahaan transportasi swasta yang terbesar di Indonesia, Lion Air tidak hanya menawarkan harga yang terjangkau kepada penumpang, tetapi juga perjalanan udara yang aman, menyenangkan, dapat diandalkan dan nyaman.

 

ARMADA PESAWAT LION AIR

Saat ini Lion Air adalah maskapai dengan armada terbesar di Indonesia, mengoperasikan lebih dari 80 Boeing 737-900ER terbaru serta Boeing 737-800 (Next Generation) dan Boeing 737-400. Lion Air masih memiliki 110 pesawat yang akan dikirimkan dari order awal 178 Boeing 737-900ER. Pada Maret 2013, Lion Air juga menandatangani kontrak pembelian 234 Airbus A320 family, yang tercatat sebagai kontrak pembelian terbesar dalam sejarah Airbus. Untuk penerbangan domestik, pesawat Lion Air mencakup paling banyak kombinasi rute dan jadwal ke kota-kota di Indonesia.

 

FASILITAS LION AIR

Sebagai hybrid carrier, Lion Air menyediakan penerbangan dalam dua kelas, yaitu kelas ekonomi dan kelas bisnis. Untuk penumpang kelas ekonomi, Lion Air menawarkan kursi kulit dengan seat pitch 29 inci dan fasilitas bagasi sebesar 20kg. Sedangkan untuk para penumpang kelas bisnis, Lion Air menawarkan kursi kulit nyaman dengan jarak antar kursi (seat-pitch) 38 inci, pre-flight drink, makanan dan minuman, serta bagasi 30kg.

 

PEMILIHAN KURSI

Jika check in online, penumpang dapat memilih kursi pesawat tanpa biaya tambahan. Namun, jika check in di counter Lion Air di bandara, penumpang tidak dapat memilih tempat duduknya karena pemberian kursi tergantung kursi yang tersedia yang belum dipesan penumpang yang check in online. Tempat duduk di dekat pintu atau jendela darurat hanya diperuntukan penumpang dewasa yang mampu membantu di saat keadaan darurat.

 

KETENTUAN BAGASI

Ketentuan jatah bagasi untuk penumpang kelas ekonomi yang dapat di-check in dengan gratis adalah maksimal 20kg. Untuk penumpang kelas bisnis, ketentuan jatah bagasinya yang dapat di-check in adalah maksimal 30kg. Untuk jatah bagasi di dalam kabin pesawat, penumpang kelas ekonomi dan bisnis masing-masing mendapatkan jatah bagasi maksimal 7kg dengan dimensi maksimal 40cm x 30cm x 20cm serta satu tas pribadi.

 

PROSES CHECK-IN

Lion Air memiliki fasilitas web check-in atau check-in online antara empat sampai 24 jam sebelum jadwal penerbangan. Penumpang dapat melakukan check-in langsung di situs resmi Lion Air dengan mudah dan cepat tanpa biaya tambahan. Adapun 4 langkah yang harus dilakukan, yaitu masukkan data penumpang, pilih penerbangan, pilih kursi dan lakukan konfirmasi.

Untuk penerbangan domestik di Indonesia, penumpang dapat melakukan check-in di bandara 2 jam sebelum jadwal keberangkatan, counter check-in akan ditutup 30 menit sebelum waktu keberangkatan. Sedangkan untuk penerbangan internasional dari Indonesia, penumpang dapat mulai melakukan check-in di counter Lion Air 2,5 jam sebelum jadwal keberangkatan dan counter check-in akan ditutup 45 menit sebelum waktu keberangkatan.

Penumpang perlu menyiapkan paspor dan uang tunai untuk membayar pajak bandara atau airport tax. Pajak bandara untuk penerbangan domestik berkisar antara Rp 20.000 sampai Rp 40.000. Sedangkan pajak bandara untuk penerbangan internasional berkisar antara Rp 75.000 sampai Rp 150.000. Gerbang keberangkatan akan ditutup 15 menit sebelum waktu keberangkatan baik penerbangan domestik maupun internasional untuk semua kelas penumpang.

Jika ada hambatan sehingga penumpang tidak dapat melanjutkan perjalanannya sedangkan sudah dikonfirmasi dalam pemesanan Lion Air, maka penumpang harus segera menghubungi penjualan tiket dan reservasi Lion Air agar tidak terkena denda. Anggota Lion Pasport Club akan mendapatkan prioritas untuk check-in dan boarding.

 

PERATURAN PENERBANGAN

Lion Air memiliki hak untuk tidak memperbolehkan penumpang membawa bayi di bawah usia 7 hari. Bayi berusia antara 3 sampai 7 hari harus menunjukkan sertifikat kesehatan atau surat dokter yang menyatakan bahwa bayi dapat bepergian dengan pesawat. Sertifikat kesehatan harus dikeluarkan tidak lebih dari 72 (tujuh puluh dua) jam sebelum penerbangan.

Sedangkan untuk ibu hamil harus menandatangani pernyataan pembebasan tangung jawab. Penumpang yang usia kandungannya lebih dari 28 minggu harus menunjukkan sertifikat kesehatan atau surat dokter yang menyatakan bahwa penumpang tersebut cukup sehat untuk melakukan perjalanan udara di counter check-in.

 

PERATURAN TIKET LION AIR

  1. Perubahan Jadwal Penerbangan: Penumpang dapat melakukan perubahan jadwal penerbangan di kantor maskapai terdekat.
  2. Pembatalan Penerbangan: Penumpang dapat membatalkan jadwal penerbangan dengan menghubungi kantor maskapai terdekat.
  3. Pembayaran: Tiket harus dilunasi sebelum jangka waktu yang diberikan berakhir. Jika tiket belum juga dilunasi untuk alasan apa pun, Lion Air berhak membatalkan reservasi/tiket sebelum check-in dan/atau menolak proses boarding Anda.
  4. Pengembalian Dana (Refund):
    1. Jika penumpang membatalkan keberangkatan, Lion Air dapat melakukan pengembalian uang (refund) dengan persyaratan tertentu.
    2. Batas waktu refund adalah 1 bulan setelah masa berlakunya tiket.


KOTA TUJUAN LION AIR

Internasional

Bangkok

Jeddah

Johor Bahru

Kuala Lumpur

Penang

Ho Chi Minh

Singapore

 

Sumatera

Bengkulu

Batam

Aceh

Silangit

Gunung Sitoli

Medan

Lhoksumawe

Meulaboh

Medan

Natuna Ranai

Padang

Pangkal Pinang

Pekanbaru

Palembang

Sibolga

Lampung

Tanjung Pandan

Tanjung Pinang

 

Jawa

Bandung

Jakarta

Banyuwangi

Jogja

Malang

Solo

Semarang

Surabaya

 

Bali & Nusa Tenggara

Bima

Bali

Ende

Kupang

Labuan Bajo

Lombok

Maumere

Sumbawa

Tambolaka

Waingapu

 

Maluku & Papua

Ambon

Jayapura

Fakfak

Kau

Kaimana

Tual

Merauke

Manokwari

Nabire

Sorong

Ternate

Maluku Utara

 

Sulawesi

Baubau

Gorontalo

Kendari

Luwuk

Manado

Mamuju

Melangguane

Naha

Palu

Poso

Makassar

Wakatobi

 

Kalimantan

Banjarmasin

Berau

Balikpapan

Kotabaru

Palangkaraya

Pontianak

Sibu

Sampit

Tarakan

 

Jambi

Jambi

KAMI MENERIMA PEMBAYARAN DARI